Benda Asing di Liang Telinga

  • Sharebar

Manifestasi Klinis

Rasa tidak enak di telinga, tersumbat, dan pendengaran terganggu. Rasa nyeri akan timbul bila benda asing tersebut adalah serangga yang masuk dan bergerak serta melukai dinding liang telinga. Pada inspeksi telinga dengan atau tanpa corong telinga akan tampak benda asing tersebut.

 

Penatalaksanaan

Usaha pengeluaran harus dilakukan dengan hati-hati. Biasanya dijepit dengan pinset dan ditarik ke luar. Bila pasien tidak kooperatif dan berisiko merusak gendang telinga atau struktur telinga tengah, maka sebaiknya dilakukan anestesia umum. Anak harus dipegang hingga kepala tidak dapat bergerak. Binatang di liang telinga harus dimatikan lebih dulu dengan meneteskan pantokain, silokain, minyak, atau alkohol sebelum dikeluarkan. Biasanya cukup dengan memasukkan tampon basah ke liang telinga lalu meneteskan cairan, misalnya larutan rivanol di telinga lebih kurang 10 menit, kemudian diirigasi dengan air bersih untuk mengeluarkannya, atau dengan pinset atau kapas.

 

Benda asing yang besar ditarik dengan pengait serumen, sedangkan yang kecil diambil dengan cunam atau pengait.

 

Bila fasilitas tidak tersedia, dirujuk ke ahli THT karena dapat terjadi trauma membran timpani dan benda asing terdorong masuk dalam kavum timpani.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: