Benda Asing Intraokular

  • Sharebar
Manifestasi Klinis
Riwayat terjadinya trauma pada bola mata. Benda asing intraokular, baik magnetik maupun tidak, tidak akan memberikan gangguan tajam penglihatan.

 

Pemeriksaan Penunjang

Untuk melihat kedudukan benda asing di dalam bota mata maka pupil dilebarkan dengan midriatik. Dilakukan funduskopi segera karena bila lensa terkena maka akan menjadi keruh secara perlahan-lahan, sehingga sukar untuk melihat bagian posterior.

 

Pemeriksaan foto rontgen untuk memperlihatkan bentuk dan besar benda asing intraokular. Metal locator untuk menentukan letak benda asing dan ultrasonografi untuk menentukan letak dan gangguan terhadap jaringan sekitar lainnya.

 

Penatalaksanaan

Pada dasarnya benda asing pada bola mata perlu dikeluarkan sehingga direncanakan pembedahan agar tidak memberikan kerusakan yang lebih berat pada bola mata, misalnya melewati sklera agar tidak merusak jaringan lain.

 

Benda asing yang bersifat magnetik dapat dikeluarkan dengan alat magnet raksasa, sedangkan yang tidak magnetik dikeluarkan dengan vitrektomi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: