Disentri

  • Sharebar

Definisi

Disentri didefinisikan sebagai diare yang disertai darah dalam tinja.

 
Etiologi
Yang terpenting dan tersering adalah Shigella, khususnya S. flexneri dan S. dysenteriae tipe 1. Penyebab lain seperti Campylobacter jejuni terutama pada bayi dan lebih jarang adalah Salmonella (disentri yang disebabkannya tidak berat). Infeksi yang berat adalah oleh Escherecia coli enteroinvasif, namun jarang terjadi. Entamoeba histolytica menyebabkan disentri pada anak yang lebih besar, tetapi jarang pada balita.

 

Manifestasi Klinis

Diagnosis semata-mata pada terlihatnya darah di dalam tinja. Tinja mungkin juga mengandung leukosit polimorfonuklear yang terlihat dengan mikroskop dan mungkin mengandung lendir dalam jumlah banyak. Gambaran yang terakhir ini saja tidak cukup untuk mendiagnosis disentri. Pada beberapa episode sigelosis, pertama-tama tinja cair kemudian menjadi berdarah setelah satu atau dua hari.

 
Penatalaksanaan
1. Rawat inap pada disentri dengan faktor risiko menjadi berat (gangguan gizi berat, umur kurang dari 1 tahun, menderita campak pada 6 bulan terakhir)

2. Cairan diberikan sesuai derajat dehidrasi.

3. Gunakan antibiotik yang masih sensitif tehadap S. cholerae di tiap daerah.

4. Pemberian makanan mungkin sulit karena anak anoreksia, tapi harus diteruskan. Sebagai petunjuk umum, gunakan rencana pengobatan A.

5. Bila anak tidak mengalami perbaikan dalam 3 hari, ganti antimikroba lain.

 
Prognosis
Biasanya setelah pengobatan selama 5 hari tidak diperlukan tindak lanjut. Namun beberapa anak mempunyai risiko yang lebih tinggi dan harus diawasi yaitu: bayi, anak kurang gizi, anak yang tidak mendapat ASI, dan yang mengalami dehidrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: