Ekstraksi Vakum

  • Sharebar
Definisi

Ekstraksi vakum ialah suatu persalinan buatan, janin dilahirkan dengan ekstraksi tenaga negatif (vakum) di kepalanya. 

 

Indikasi

o Ibu: memperpendek persalinan kala II, penyakit jantung kompensata, penyakit paru fibrotik.

o Janin: adanya gawat janin.

o Waktu: persalinan kala lama.

 

Kontraindikasi

o Ibu: ruptur uteri membakat, ibu tak boleh mengejan.

o Janin: letak lintang, presentasi muka, presentasi bokong, preterm, kepala menyusul.

 

Syarat-syarat

o Pembukaan serviks lengkap.

o Kepala janin berada di Hodge III+ (engaged).

o Tidak ada disproporsi sefalopelvik.

o Ada his/tenaga mengejan.

o Ketuban sudah pecah/dipecahkan.

 

Persiapan Tindakan

Persiapkan ibu dalam posisi litotomi, kosongkan kandung kemih dan rektum, bersihkan vulva dan perineum dengan antiseptik, dan beri infus bila diperlukan. Siapkan alat-alat yang diperlukan.

 

Teknik Ekstraksi

o Lakukan pemeriksaan dalam untuk mengetahui posisi kepala apakah ubun-ubun kecil terletak di depan atau belakang, kanan/kiri depan, kanan/kiri belakang untuk menentukan letak denominator.

o Lakukan episiotomi primer dengan anestesi lokal sebelum mangkuk dipasang pada primigravida. Sedangkan pada multipara, episiotomi dilakukan tergantung pada keadaan perineum. Dapat dilakukan episiotomi primer atau sekunder (saat kepala hampir lahir dan perineum sudah meregang) atau tanpa episiotomi.

o Lakukan pemeriksaan dalam ulang dengan perhatian khusus pada pembukaan, sifat serviks dan vagina, turunnya kepala janin dan posisinya. Pilih mangkuk yang akan dipakai. Pada pembukaan serviks lengkap, biasanya dipakai mangkuk nomor 5.

o Masukkan mangkuk ke dalam vagina, mula-mula dalam posisi agak miring, dipasang di bagian terendah kepala, menjauhi ubun-ubun besar. Pada presentasi belakang kepala, pasang mangkuk pada oksiput atau sedekat-dekatnya. Jika letak oksiput tidak jelas atau pada presentasi lain, pasang mangkuk dekat sakrum ibu.

o Dengan satu atau dua jari tangan, periksa sekitar mangkuk apakah ada jaringan serviks atau vagina yang terjepit.

o Lakukan penghisapan dengan pompa penghisap dengan tenaga -0,2 kg/cm2, tunggu selama 2 menit. Lalu naikkan tekanan -0,2 kg/cm2 tiap 2 menit sampai sesuai tenaga vakum yang diperlukan, yaitu -0,7 sampai -0,8 kg/cm2.

o Sebelum mengadakan traksi, lakukan pemeriksaan dalam ulang, apakah ada bagian lain jalan lahir yang ikut terjepit.

o Bersamaan dengan timbulnya his, ibu diminta mengejan. Tarik mangkuk sesuai arah sumbu panggul dan mengikuti putaran paksi dalam. Ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri menahan mangkuk agar selalu dalam posisi yang benar, sedang tangan kanan menarik pemegang. Traksi dilakukan secara intermiten bersamaan dengan his. Jika his berhenti, traksi juga dihentikan.

o Lahirkan kepala janin dengan menarik mangkuk ke atas sehingga kepala melakukan gerakan defleksi dengan suboksiput sebagai hipomoklion, sementara tangan kiri penolong menahan perineum. Setelah kepala lahir, pentil dibuka, lalu mangkuk dilepas. Lama tarikan sebaiknya tidak lebih dari 20 menit, maksimum 40 menit.


Komplikasi
o Ibu: perdarahan akibat atonia uteri/trauma, trauma jalan lahir, infeksi.

o Bayi: ekskoriasi kulit kepala, sefalhematoma, subgaleal hematoma, nekrosis kulit kepala, perdarahan intrakranial, jaundice, fraktur klavikula, kerusakan N. VI dan VII.
 

Kriteria Kegagalan
o Dalam ½ jam traksi tak berhasil.

o Mangkuk terlepas 3 kali.
 

Penyebab Kegagalan
Tenaga vakum terlalu rendah, tekanan negatif dibuat terlalu cepat, selaput ketuban melekat, bagian jalan lahir terjepit, koordinasi tangan kurang baik, traksi terlalu kuat, cacat alat, dan disproporsi sefalopelvik yang sebelumnya tak diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 8 + 4 ?
Please leave these two fields as-is: