Eritema Multiforme

  • Sharebar

Definisi

Eritema multiforme (herpes iris, dermatostomatitis, eritema eksudativum multiforme) merupakan erupsi mendadak dan rekuren pada kulit dan/atau selaput lendir dengan tanda khas berupa lesi iris (target lesion). Dapat sembuh sendiri dalam 2-4 minggu

 
Etiologi
Penyebab pasti belum diketahui. Dapat merupakan reaksi alergi terhadap bahan kimia, makanan, atau penyakit internal. Erupsi pada anak-anak dan dewasa muda biasanya disebabkan oleh infeksi, sedangkan pada orang dewasa disebabkan oleh alergi obat dan keganasan.

Manifestasi Klinis

Penyakit ini dibagi menjadi eritema multiforme minor, jika kelainan pada kulit dan/atau mukosa tanpa gangguan sistemik, dan eritema multiforme mayor (sindrom Stevens-Johnson) bila terjadi kelainan pada alat dalam disertai kelainan kulit dan membran mukosa yang luas.

 

Gejala klinis berupa spektrum yang bervariasi dari erupsi lokal kulit dan selaput lendir sampai bentuk berat berupa kelainan multisistem yang dapat menyebabkan kematian.

Didapati 2 tipe dasar:

o Tipe makula-eritema

o Tipe vesikobulosa

Tipe makula-eritema. Erupsi timbul mendadak, simetrik dengan tempat predileksi di punggung tangan, telapak tangan, bagian ekstensor ekstremitas, dan selaput lendir. Pada keadaan berat dapat juga mengenai badan. Lesi terjadi tidak serentak, tetapi berturut-turut dalam 2-3 minggu.

 

Gejala khas ialah bentuk iris (target lesion) yang terdiri atas 3 bagian, yaitu bagian tengah berupa vesikel atau eritema yang keungu-unguan, dikelilingi oleh lingkaran konsentris yang pucat dan kemudian lingkaran yang merah.

 

Tipe vesikobulosa. Lesi mula-mula berupa makula, papul, dan urtika yang kemudian timbul lesi vesikobulosa di tengahnya. Bentuk ini dapat juga mengenai selaput lendir.

 
Pemeriksaan Penunjang
Pada pemeriksaan darah tepi tidak ditemukan kelainan. Pada kasus berat dapat terjadi ane­mia dan proteinuria ringan.

 
Pengobatan
Pada kasus ringan diberi pengobatan simtomatik dan diusahakan mencari penyebabnya. Dapat diberikan pengobatan kortikosteroid per oral tapering off sampai kelainan kulit dan mukosa, misalnya prednison 20-30 mg/hari untuk dewasa (anak: l-2 mg/kg BB/hari) yang dibagi dalam tiga dosis. Terapi topikal umumnya tidak diperlukan.

 
Prognosis
Kedua tipe eritema multiforme sering rekuren, terutama pada kasus-kasus yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Biasanya penyakit ini berjalan ringan dan sembuh sesudah 2-4 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: