Gangguan Akibat Kurang Iodium

  • Sharebar
Definisi
Gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI) adalah sekumpulan gejala yang dapat ditimbulkan karena tubuh menderita kekurangan iodium secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Dampak negatifnya dapat berupa pembesaran kelenjar gondok, hipotiroid, kretinisme, kegagalan reproduksi, kematian anak dan hambatan sosial ekonomi.

 

Iodium merupakan mineral yang penting dalam pembentukan hormon tiroid. Pada keadaan normal kebutuhan pada anak-anak adalah 200 mg/hari. Sumber utama iodium ialah dari makanan, absorpsi paling banyak terjadi di usus halus.

 

Hasil pemetaan GAKI 1998 menunjukkan bahwa Total Goitre Rate (TGR) anak sekolah adalah 9,8%. Prevalensi gondok pada tingkat propinsi menunjukkan terdapat 2 propinsi dengan endemik berat (TGR = 30%) yaitu Maluku dan Nusa Tenggara Timur, 3 propinsi dengan endemik sedang (TGR 20-29,9%) yaitu Sumatera Barat, Timor Timur (saat itu masih menjadi bagian RI) dan Sulawesi Tenggara, 13 Propinsi dengan endemik ringan (TGR 5­19,5%) yaitu D.I. Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Irian Jaya, dan 9 propinsi non-endemik yaitu Riau, Jambi, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

 
Etiologi
Defisiensi iodium, makanan sehari-hari mengandung banyak zat goitrogen, air minum kotor, dan faktor keturunan.

 

Manifestasi Klinis

Pada anak dapat terjadi pembesaran kelenjar gondok, gangguan fungsi mental dan perkembangan fisik.

 

Kretin endemik terdapat di daerah gondok endemik. Kelainan terjadi waktu bayi masih dalam kandungan atau tidak lama setelah dilahirkan dan terdiri atas kerusakan pada saraf pusat dan hipotiroidisme. Secara klinis kerusakan saraf pusat bermanifestasi dengan:

a. Retardasi mental

b. Gangguan pendengaran sampai bisu tuli

c. Gangguan neuromotor seperti gangguan bicara, cara jalan yang aneh, dsb.

d. Hipotiroid dengan gejala:

  • Miksedema pada hipotiroidisme berat, sedangkan pada yang ringan;
  • Tinggi badan yang kurang, cebol (stunted growth) dan osifikasi yang terlambat

 

Penatalaksanaan

Penanggulangan GAKI diintegrasikan ke dalam penanggulangan kemiskinan secara nasional. Kegiatan pokok penanggulangan GAKI meliputi:

1. Garam konsumsi yang beredar yang beredar di seluruh Indonesia harus dalam bentuk garam beriodium dengan kadar yang telah ditetapkan yaitu 30-80 ppm.

2. Untuk meningkatkan konsumsi garam beriodium, lakukan mobilisasi sosial dengan pendekatan pemasaran sosial.

3. Berikan suplementasi kapsul larutan minyak beriodium untuk daerah endemik sedang dan berat pada semua penduduk pria usia 0 – 20 tahun dan semua penduduk wanita usia 0 – 35 tahun.

4. Kembangkan fortifikasi iodium pada air dan bahan makanan lainnya selain garam, serta tingkatkan kualitas bahan makanan sebagai sumber iodium terutama bahan pangan dari laut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: