Gangguan Neurosis Depresi

  • Sharebar

Definisi

Neurosis depresi menyatakan pola berpikir dan perilaku yang maladaptif dan berulang yang menyebabkan depresi. Pasien seringkali penuh kecemasan, obsesi, dan rentan terhadap somatisasi. Dalam klasifikasi menurut Pedoman Penatalaksanaan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ) III, gangguan ini masuk dalam kategori diagnostik gangguan distimia dalam gangguan suasana perasaan (mood/afektif) menetap.

 

Etiologi

Terdapat faktor biologis yaitu kelainan tidur dan kelainan neuroendokrin.

 

Dilaporkan adanya kesalahan perkembangan kepribadian dan ego, yang memuncak dalam kesulitan beradaptasi pada masa remaja dan dewasa muda.

 

Manifestasi Klinis

Gangguan ini ditandai dengan perasaan muram, murung, kesedihan, atau berkurangnya dan tidak adanya minat pada aktivitas. Pasien kadang-kadang dapat sarkastik, nihilistik, memikirkan hal yang sedih, membutuhkan, dan mengeluh. Mereka dapat juga tegang, kaku, dan menolak intervensi terapeutik.

 

Gejala penyerta adalah perubahan nafsu makan dan pola tidur, harga diri yang rendah, hilangnya energi, retardasi psikomotor, penurunan dorongan seksual, dan preokupasi obsesi dengan masalah kesehatan.

 

 

Perjalanan Penyakit dan Prognosis

Kira-kira 50 persen pasien mengalami timbulnya gejala yang samar-samar sebelum usia 25 tahun. Prognosis bervariasi.

 

Diagnosis

Kriteria diagnostik memerlukan adanya mood yang terdepresi pada sebagian besar waktu untuk sekurangnya dua tahun (atau satu tahun untuk anak-anak dan remaja), untuk memenuhi kriteria diagnostik, pasien tidak boleh memiliki gejala yang lebih baik dilaporkan sebagai gangguan depresi berat. Pasien tidak boleh memiliki episode manik atau hipomanik.

 

Penatalaksanaan

Kombinasi farmakoterapi dan terapi kognitif maupun perilaku mungkin merupakan pengobatan yang paling efektif untuk gangguan ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 2 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: