Hemangioma

  • Sharebar
Definisi
Hemangioma merupakan tumor yang terdiri dari pembuluh darah.

 
Klasifikasi
Klasifikasi hemangioma (Benton): ­

1. Hemangioma intradermal (Portwine hemangiomal/stain/nevus, nevus venosus)

Merupakan pelebaran pembuluh darah dermis yang letaknya superfisial, dengan dinding pembuluh darah dibentuk oleh sel endotel dewasa sehingga resisten terhadap radiasi. Lesi merah kebiruan terutama di kepala dan leher, rata dengan permukaan kulit, jarang regresi spontan kecuali Salmon patches (Erythema Nuchae).

2. Kapiler (Strawberryhemangioma, involuting hemangioma of invacy, nevus hipertrofi, infantile mixed cavernous hemangioma)

Merupakan pelebaran pembuluh darah di bawah epidermis (papillary layer) masih dalam dermis, dengan dinding pembuluh darah yang dibentuk oleh sel endotel embrio­nal sehingga sensitif terhadap radiasi. Lesi merah di mana-mana terutama di kepala dan leher, menimbul dari permukaan kulit, dan bersifat progresif.

 

Jenis hemangioma ini terdiri dari nevus simpleks atau nevus buah arbei, dan nevus flameus.

 

Nevus simpleks kalau sudah terbentuk tampak seperti buah arbei menonjol, berwarna merah cerah dengan cekungan kecil. Perkembangannya dimulai dengan titik kecil pada waktu lahir, membesar cepat, dan menetap pada usia kira-kira delapan bulan. Kemudian akan mengalami regresi spontan dan menjadi pucat karena fibrosis setelah usia satu tahun. Proses regresi berjalan sampai usia 6-7 tahun.

 

Nevus flameus ada sejak lahir, menetap dan rata dengan kulit, kecuali bila teriritasi dapat menonjol di tepat yang teriritasi tersebut.

 

3. Hemangioma kavernosa

Merupakan pelebaran pembuluh darah subkutis yang kadang-kadang invasi ke fasia dan otot, membentuk rongga, dengan dinding pembuluh darah yang dibentuk oleh sel endotel dewasa. Kelainannya berada dijaringan yang lebih dalam dari dermis. Dari luar tampak sebagai tumor kebiruan yang dapat dikempeskan dengan penekanan tapi menonjol kembali setelah tekanan dilepaskan. Hemangioma ini tidak dapat mengalami regresi spontan, malah sering progresif. Jenis kavernosum ini bisa meluas dan menyusup kejaringan sekitarnya. Jaringan di atas hemangioma dapat mengalami iskemia sehingga mudah rusak oleh iritasi misalnya di daerah perineum dan menimbulkan tukak yang sulit sembuh dan kadang berdarah.

 

4. Hemangioma campuran

 
Penatalaksanaan
Konservatif
1. Ditunggu regresi (> 5-6 tahun) untuk hemangioma buah arbei. Tindakan pemasangan pembalut elastis dengan sedikit penekanan secara terus-menerus. Tindakan ini membantu mempercepat proses regresi.

2. Kamuflase dengan krem pewarna

3. Penyuntikan scleroting agent

4. Bila anak kecil sebaiknya dalam narkose. Sebelumnya dipasang jahitan untuk tie over.

Cara penyuntikan scleroting agent adalah sebagai berikut:

  • Lakukan aspirasi intralesi untuk memastikan suntikan masuk ke dalam rongga­-rongga. Tandanya adalah pada aspirasi keluar darah.
  • Depositkan scleroting agent sambil tangan lain (menggunakan kassa) menimbulkan tekanan di atas tumor. Sclerosing agent yang dapat digunakan adalah sodium morhuate 50%, quinine hidrochloride 20%, sodium salycilate 30%, NaCl hipertonik, atau air mendidih.
  • Pasang sofratulle dan kassa lembab untuk tie over
  • Lakukan pembalutan dengan elastic bandage.

 
Operatif
Indikasi:

o Recurrent bleeding

o Ulserasi yang sulit sembuh dengan terapi biasa

o Pain yang disebabkan oleh flebolit

o Lesi setelah > 1 tahun tidak menunjukan pertumbuhan dan tidak ada tanda-tanda regresi

o Lesi setelah > 2 tahun menunjukan progresivitas

o Lokasi khusus: mulut, jalan napas, sekitar mata, perineum

o Trombositopenia

Kadang-kadang diperlukan embolisasi pre operatif untuk mengecilkan tumor.

 
Terapi Lain
o Radiasi bukan merupakan indikasi, karena :

  • gangguan pertumbuhan tulang
  • komplikasi dermatitis, fibrosis kulit sehat disekitar
  • degenerasi maligna

o Steroid dapat digunakan untuk rapid enlarging haemangioma

o Terapi Laser

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: