Hematotoraks

  • Sharebar
Definisi
Hematotoraks adalah pengumpulan darah dalam ruang potensial antara pleura viseral dan parietal. Gejala dan tindakan pada waktu penderita masuk sangat tergantung pada jumlah perdarahan yang ada di rongga toraks.

 
Manifestasi Klinis
Pada penderita hematotoraks keluhannya nyeri dan sesak napas. Bila ada keluhan yang progresif, curigai adanya tension pneumothorax.

 

Pada inspeksi biasanya tidak tampak kelainan, mungkin gerakan napas tertinggal atau pucat karena perdarahan. Fremitus sisi yang terkena lebih keras dari sisi yang lain. Pada perkusi didapatkan pekak dengan batas seperti garis miring atau mungkin tidak jelas, tergantung pada jumlah darah yang ada di rongga toraks. Bunyi napas mungkin tidak terdengar atau menghilang.

 
Penatalaksanaan
Pada trauma toraks dengan tanda-tanda hematotoraks, dilakukan WSD. Keluarnya darah/cairan intravaskular sebanyak 15 – 20% dari volume darah total atau perdarahan lebih dari 5 cc/kg BB/jam dapat menimbulkan renjatan. Bila volume darah total 80 cc/kgBB atau 15% dari berat badan, darah yang keluar melalui WSD dapat dihitung apakah sesuai untuk dianggap sebagai penyebab renjatan. Renjatan merupakan indikasi untuk torakotomi.

 

Pasien yang datang dengan renjatan harus segera diinfus dan ditransfusi dengan cairan, dan darah yang sesuai dengan menggunakan jarum infus yang besar. Jika dianggap perlu gunakan dua infus sekaligus. Darah yang sesuai untuk mengatasi renjatan adalah darah plasma, namun jika tidak tersedia gunakan cairan plasma ekspander atau cairan kristaloid sampai keadaan darah membaik.

 

Sementara itu dengan cepat lakukan anamnesis dan pemeriksaan fisis lengkap, terutama perhatikan adanya tanda-tanda anemia, sesak napas, takipnu, atau takikardi. Adanya perkusi yang pekak pada sisi yang terkena mungkin disebabkan karena pendorongan mediastium pada daerah tersebut. Terkadang didapatkan pula bunyi napas yang melemah atau menghilang. Pada pungsi mungkin keluar darah.

 

Segera setelah itu lakukan WSD, dan pasien dikirim ke kamar bedah untuk dilakukan torakotomi eksplorasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: