Hepatitis C Kronis

  • Sharebar

Definisi

Hepatitis C kronis adalah suatu penyakit infeksi ditandai oleh peradangan hati berlanjut, lebih lama dari masa penyembuhan infeksi hepatitis akut, yaitu lebih dari 6 bulan.

 
Manifestasi Klinis
Dapat asimtomatik dan hanya ditandai oleh kelainan biokimia darah. Gejala klinis yang paling sering ditemukan adalah rasa lelah. Gejala klinis seperti anoreksia, nausea, nyeri perut daerah kuadran atas kanan, urin warna tua dan gatal-gatal juga dapat ditemukan terutama pada kasus yang berat.

 

Pemeriksaan Penunjang

Pemantauan dilakukan secara berkala, yaitu:

1. Anti-HCV dan SGOT-SGPT diulang tiap 6 bulan. USG hati dilakukan 1 tahun sekali. Pemeriksaan HCV RNA hanya diulang bila terindikasi antivirus.

2. Bila SGOT-SGPT > 1,5 batas atas normal pada > 3 kali pemeriksaan dengan interval waktu minimal 2 bulan, dilakukan biopsi hati, pemeriksaan HCV RNA, dan pemeriksaan autoantibodi tiroid.

3. Pada anak yang memperoleh terapi antivirus, pemeriksaan HCV RNA dan biopsi hati diulang dalam rangka menilai respons terapi.

 


Diagnosis
Diagnosis ditegakkan berdasarkan abnormalitas faal hati, persistensi virus hepatitis B dalam darah, dan gambaran histopatologi. Pada sediaan terlihat infiltrasi sel radang pada daerah porta, ke daerah lobulus hati, dan nekrosis peace meal.



Penatalaksanaan
Pada kasus ini diberikan antivirus bila peningkatan aminotransferase menetap > 6 bulan. Bila anamnesis menunjukkan riwayat infeksi yang sudah berlangsung lama diberikan antivirus walaupun periode anti-HCV dan peningkatan SGOT-SGPT < 6 bulan.

 

Pemantauan berkala dilakukan yaitu pemeriksaan anti-HCV, SGOT-SGPT tiap 6 bulan dan USG hati tiap tahun. Bila SGOT/SGPT meningkat lebih 1,5 kali batas atas normal pada lebih dari 3 kali pemeriksaan berturut-turut dengan interval minimal 2 bulan perlu dilakukan biopsi hati dan pemeriksaan kadar HCV-RNA dan dipertimbangkan pemberian terapi antivirus. Pada anak yang memperoleh terapi antivirus perlu dilakukan biopsi hati. Pemeriksaan HCV-RNA dan biopsi hati perlu diulang untuk menilai respons terapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 14 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: