Hidrokel

  • Sharebar

Hidrokel terjadi bila prosesus vaginalis tidak mengalami obliterasi sempurna dan meninggalkan lumen berdiameter kecil sehingga cairan rongga peritoneal turun masuk ke tunika vaginalis. Kadang-kadang pada anak-anak yang lebih besar dapat terjadi hidrokel yang disebabkan oleh trauma, inflamasi atau tumor testis.

 
Manifestasi Klinis
Terdapat massa di skrotum yang berubah ukuran berhubungan dengan aktivitas pasien. Benjolan ini teraba kistik, tidak sakit, berisi cairan yang dapat dibuktikan dengan tes transiluminasi. Transiluminasi diperiksa di ruangan gelap atau dengan bantuan kertas yang digulung (untuk menjadikannya rongganya sebagai ruang gelap) sehingga terlihat sinar senter yang diarahkan ke dalam rongga menghasilkan sinar yang berpendar dalam benjolan.

 
Penatalaksanaan
Prosesus vaginalis masih mungkin mengalami obliterasi sempurna setelah bayi berumur 2 tahun. Bila hidrokel tidak menghilang, maka tindakan bedah sebaiknya dikerjakan pada usia 2 tahun. Prosedur bedah yang dilakukan sama dengan pada herniotomi yaitu ligasi prosesus vaginalis seproksimal mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 2 ?
Please leave these two fields as-is: