Hidrosefalus

  • Sharebar
Definisi
Hidrosefalus adalah penimbunan cairan serebrospinalis dalam ventrikel otak sehingga kepala menjadi lebih besar dan terjadi pelebaran sutura dan ubun-ubun.

 
Etiologi
Tidak lancarnya aliran serebrospinalis atau berlebihannya produksi cairan serebrospinalis.

 
Diagnosis
Pemeriksaan luar: kepala jauh lebih besar dari biasa serta menonjol di atas simfisis. Denyut jantung janin terdengar jelas di tempat yang lebih tinggi. Tulang kepala sangat tipis dan mudah ditekan.

Pemeriksaan dalam: teraba sutura-sutura dan ubun-ubun yang melebar dan tegang.

Pemeriksaan rontgen: kepala janin sangat besar dengan tulang-tulang yang sangat tipis. Muka janin sangat kecil dibandingkan tengkorak. Kepala berbentuk bulat, berbeda dengan kepala biasa yang berbentuk ovoid. Bayangan tulang kepala sangat tipis.

 
Penatalaksanaan
Pada hidrosefalus yang nyata, kecilkan kepala janin pada permulaan persalinan. Pada pembukaan serviks 3 cm, keluarkan cairan serebrospinalis dengan pungsi kepala menggunakan jarum spinal. Bila janin letak sungsang, lakukan pengeluaran cairan dari kepala yang tidak dapat lahir dengan pungsi atau perforasi melalui foramen oksipitalis magnum atau sutura temporalis.

 

Dianjurkan untuk melakukan ventrikulosentesis transabdominal dengan jarum spinal. Kosongkan kandung kencing lebih dahulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: