Infeksi Genital Non-Spesifik

  • Sharebar
Definisi
Pada pria sering disebut sebagai uretritis nonspesifik (UNS) oleh karena terutama mengenai uretra. Infeksi genital non-spesifik (IGNS) adalah penyakit hubungan seksual berupa peradangan di uretra, rektum, atau serviks yang disebabkan oleh mikroorganisme nonspesifik. Mikroorganisme spesifik adalah mikroorganisme yang dengan fasilitas laboratorium biasa/sederhana dapat ditemukan seketika, yaitu gonokok, Candida albicans, dan Trichomonas vaginalis.

 

Etiologi

Penyebab paling sering ialah Chlamydia trachomatis, Ureaplasma urealyticum, Myco­plasma hominis.


Patogenesis

Setiap mikroorganisme penyebab mempunyai patogenesis yang berbeda. C. trachomatis merupakan bakteri Gram negatif dan parasit intraobligat yang dalam perkembangannya mengalami 2 fase, yaitu fase noninfeksiosa dan fase penularan. U. urealyticum sering bersamaan dengan C. trachomatis atau M hominis .


Manifestasi Klinis

Pada pria. Gejala timbul biasanya 1-3 minggu setelah kontak seksual dan umumnya tidak seberat gonore. Berupa disuria ringan, perasaan tidak enak di uretra, sering kencing, dan keluarnya duh tubuh seropurulen. Dibandingkan dengan gonore, perjalanan penyakitnya lebih lama dan ada kecenderungan residif. Jika tidak terlihat keluarnya cairan duh tubuh, pemeriksaan laboratorium sangat diperlukan.

Pada wanita. Tersering terjadi di serviks. Umumnya tidak menunjukkan gejala. Sebagian kecil dengan keluhan keluarnya duh tubuh vagina, disuria ringan, sering kencing, nyeri di daerah pelvis dan dispareunia. Pada serviks terlihat tanda servisitis, yang disertai adanya folikel-folikel kecil yang mudah berdarah.

Pemeriksaan Penunjang

Penting untuk menyingkirkan mikroorganisme spesifik. Dasar untuk menegakkan diagno­sis IGNS ialah pemeriksaan laboratorium berupa apusan skret uretra/serviks. Pada pemeriksaan sekret uretra dengan pewarnaan Gram secara mikroskopis ditemukan leukosit > 5 per lapangan pandang dengan pembesaran 1000 kali. Sedangkan pada sekret serviks ditemukan leukosit > 30 per lapangan pandang dengan pembesaran 1000 kali. Tidak dijumpai diplokokus Gram negatif, dan pada pemeriksaan sediaan basah tidak didapatkan parasit Trichomonas vaginalis. Secara makroskopis dapat dilihat adanya benang-benang dalam urin.

 

Jika memungkinkan dapat dilakukan pembiakan untuk Chlamydia trachomatis pada kuning telur embrio ayam atau dengan McCoy cell, biakan sel Hela 229, dilanjutkan dengan pemeriksaan antigen. Dua cara pemeriksaan antigen secara langsung yang sudah dikenal adalah pewarnaan imunofluoresensi dan ELISA. Dapat pula dilakukan pemeriksaan polimerase chain reaction (PCR) dan ligase chain reaction.

 
Komplikasi
Hampir sama dengan gonore. Pada pria dapat terjadi prostatitis, vesikulitis, epididimitis, dan striktur uretra. Pada wanita dapat terjadi bartolinitis, proktitis, salpingitis, dan sistitis. Peritonitis dan hepatitis juga pernah dilaporkan.

 

Penatalaksanaan

Obat yang paling efektif adalah golongan tetrasiklin dan eritromisin. Indikasi eritromisin adalah untuk pasien yang tidak tahan tetrasiklin atau wanita hamil. Dosis tetrasiklin HCl dan eritromisin adalah 4 x 500 mg sehari selama 1 minggu atau 4 x 250 mg sehari selama 2 minggu. Alternatif lain adalah oksitetrasiklin 4 x 250 mg sehari selama 2 minggu, doksisiklin dan minosiklin dosis pertama 200 mg, dilanjutkan dengan 2 x 100 mg sehari selama 1-2 minggu. Kotrimoksasol, spiramisin, dan ofloksasin juga dapat digunakan.

 
Prognosis
Tanpa pengobatan, kadang-kadang penyakit dapat berkunang dan akhirnya sembuh sendiri (50-70% dalam waktu kurang lebih 3 bulan). Setelah pengobatan, kurang lebih 10% akan mengalami eksaserbasi atau rekurens.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 5 ?
Please leave these two fields as-is: