Infertilitas

  • Sharebar

Definisi

Infertilitas adalah bila sepasang suami istri, setelah bersanggama secara teratur (2-3 x/minggu), tanpa memakai metode pencegahan, belum mengalami kehamilan selama satu tahun.

 

Infertilitas terbagi menjadi infertilitas primer dan sekunder. Infertilitas primer adalah bila pasangan tersebut belum pernah mengalami kehamilan sama sekali. Sedangkan infertilitas sekunder bila pasangan tersebut sudah memiliki anak, kemudian memakai kontrasepsi, namun setelah dilepas selama satu tahun belum juga hamil.

 

Etiologi

Faktor suami sebesar 25-40%, istri 40-55%, keduanya 10%, dan idiopatik 10%.

Kelainan pada semen, gangguan ovulasi, cedera tuba, hambatan atau perlengkatan tuba, endometriosis, gangguan interaksi sperma-sekret serviks, kelainan yang jarang seperti kelainan uterus, gangguan imunologi, dan infeksi, dan idiopatik.

 

Keterangan

o Suhu basal badan: lihat subbab Kontrasepsi topik Metoda Suhu Basal Badan.

o Uji lendir serviks: lihat subbab Kontrasepsi topik Metoda Lendir Serviks. Pemeriksaan ini berdasarkan hubungan antara pertumbuhan anatomi dan fisiologi serviks dengan siklus ovarium untuk mengetahui saat terjadinya keadaan optimal getah serviks dalam menerima sperma. Selain uji lendir serviks, pada pemeriksaan mikroskopik terlihat gambaran daun pakis.

o Sitologi vagina: pemeriksaan usap forniks vagina (sebaiknya forniks lateral) untuk mengetahui perubahan epitel vagina.

o Biopsi endometrium: mengetahui pengaruh progesteron terhadap endometrium dan sebaiknya dilakukan pada 2-3 hari sebelum haid (siklus 28 hari). Kontraindikasinya hamil, infeksi pelvik atau servisitis akut/kronik.

o Uji pasca sanggama: mengetahui ada tidaknya spermatozoa yang melewati serviks (6 jam pasca koital).

o Histerosalpingografi: tes awal untuk patensi tuba, dapat memperkirakan kelainan anatomi dan patologi pada genitalia interna dan mempunyai efek penyembuhan karena cairan antiseptik yang digunakan.

o Laparoskopi: standar emas untuk mengetahui kelainan tuba dan peritoneum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 7 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: