Kardiomiopati

  • Sharebar
Definisi
Kelainan otot jantung yang tidak diketahui sebabnya. Menurut Goodwin, berdasarkan kelainan patofisiologinya, terbagi atas kardiomiopati kongestif/dilatasi, kardiomiopati hipertrofik, dan kardiomiopati restriktif.

 
Kardiomiopati Dilatasi/Kongestif
Penyakit miokard yang ditandai dengan dilatasi ruangan-ruangan jantung dan gagal jantung kongestif akibat berkurangnya fungsi pompa sistolik secara progresif serta peningkatan volume akhir diastolik dan sistolik.

 
Etiologi
Sebagian besar tidak diketahui, namun mungkin berhubungan dengan virus, penggunaan alkohol yang berlebihan, penyakit metabolik, kelainan gen, dan sebagainya.

 
Manifestasi Klinis
Gejala yang muncul sesuai dengan gejala gagal jantung kiri diikuti gejala gagal jantung kanan. Dapat terjadi nyeri dada karena peningkatan kebutuhan oksigen.

Pada pemeriksaan fisik ditemukan tanda-tanda gagal jantung kongestif. Biasanya terdapat bunyi derap dan bising akibat regurgitasi mitral.

 
Pemeriksaan Penunjang
Pada EKG ditemukan hipertrofi ventrikel kiri, kelainan gelombang ST dan T, atau left bundle branch block. Dari foto toraks terdapat pembesaran jantung dan bendungan paru. Pada ekokardiografi terlihat pembesaran dan disfungsi ventrikel kiri, kelainan pergerakan katup mitral saat diastolik. Dengan pemeriksaan radionuklir tampak fungsi ventrikel kiri berkurang. Dengan kateterisasi dapat dibedakan antara kardiomiopati kongestif dengan penyakit jantung iskemik.

 
Diagnosis Banding
Penyakit jantung iskemik atau disfungsi ventrikel kiri.

 
Penatalaksanaan
Tidak ada pengobatan spesifik. Bila diketahui etiologinya diberikan terapi sesuai penyebab. Namun jika idiopatik, dilakukan terapi sesuai gagal jantung kongestif. Yang terbaik adalah transplantasi jantung.

 
Prognosis
Kemungkinan hidup hanya 5-6 tahun.

 
Kardiomiopati Hipertrofik
Suatu penyakit di mana terjadi hipertrofi septum interventrikular secara berlebihan sehingga aliran darah keluar dari ventrikel kiri terhambat.

 
Etiologi
Penyebabnya tidak diketahui namun sebagian diturunkan autosomal dominan.

 
Manifestasi Klinis
Pasien mengeluh nyeri dada yang tak berhubungan dengan aktivitas. Sinkop dan dispnea dapat terjadi setelah beraktivitas. Terdapat gejala-gejala gagal jantung kongestif

 

Pada pemeriksaan fisik ditemukan pembesaran jantung ringan dan bising ejeksi sistolik yang berubah-ubah, bisa hilang atau berkurang bila pasien berubah posisi dari berdiri lalu jongkok.

 
Pameriksaan Penunjang
Dari EKG didapatkan hipertrofi ventrikel, kelainan gelombang T dan ST nonspesifik, dan pembesaran atrium kiri. Diagnosis pasti ditegakkan dengan ekokardiografi.

 
Penatalaksanaan
Yang utama adalah penggunaan penghambat beta adrenergik, misalnya propanolol, yang memiliki efek menurunkan kekuatan kontraksi ventrikel dan mencegah aritmia. Golongan antagonis kalsium seperti verapamil, dapat pula dipakai meski harus berhati-hati pada pasien dengan gagal jantung kongestif.

 

Dapat pula dilakukan miomektomi, penggantian katup mitral, dan pemasangan pacemaker

 

Digitalis, diuretik, nitrat dan agonis beta adrenergik harus dihindarkan dari pemakaiannya, terutama pada pasien dengan perbedaan tekanan alur keluar ventrikel kiri karena dapat meningkatkan obstruksi alur keluar.

 
Kardiomiopati Restriktif
Suatu penyakit di mana terjadi kelainan komposisi miokardium sehingga menjadi lebih kaku sehingga pengisian ventrikel kiri terganggu, mengurangi curah jantung dan meningkatkan tekanan pengisian ventrikel kiri.

 
Etiologi
Penyakit-penyakit yang menginfiltrasi miokardium, seperti amiloidosis, hemokromatosis, sarkoidosis, dan sebagainya.

 
Manifestasi Klinis
Biasanya ditemukan gejala dan tanda gagal jantung kanan dan kiri.

 
Pemeriksaan Penunjang
Pada foto toraks terlihat pembesaran jantung dan hipertensi vena pulmonal. Dari EKG didapatkan kelainan gelombang T dan ST nonspesifik serta voltase QRS yang rendah. Ekokardiografi menunjukkan penebalan ventrikel kanan dan kiri. Ruangan ventrikel normal sedangkan atrium bertambah ukurannya.

 

Dalam pemeriksaan radionuklir terlihat adanya infiltrasi pada otot jantung. Ventrikel kiri normal atau mengecil, fungsi sistolik normal.

 
Diagnosis Banding
Perikarditis restriktif.

 
Penatalaksanaan
Sulit diobati, tergantung penyakit yang mendasarinya. Dapat diberikan obat simtomatik berupa diuretik untuk mengurangi kongesti. Bila terdapat gangguan irama diberikan obat antiaritmia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: