Kelainan Bentuk Gigi

  • Sharebar
Geminasi
Geminasi adalah kelainan gigi yang terjadi karena satu benih gigi terbagi dua pada proses invaginasi, sehingga terbentuk dua gigi yang tidak sempurna. Pada geminasi terdapat satu kamar pulpa dan satu jalur pemisah di pusat. Pada geminasi terdapat dua mahkota gigi yang tidak sempurna, biasanya tidak ada kelainan jumlah akar dan saluran akar. Geminasi lebih sering terjadi pada gigi susu daripada gigi tetap.

 
Fusi
Fusi adalah penyatuan sebagian atau seluruh dua benih gigi selama pertumbuhan. Secara klinis terlihat sebuah gigi yang besar dan jumlah gigi dalam rahang kurang.

 
Konkresens
Konkresens adalah salah satu bentuk fusi yang terjadi setelah akar terbentuk sempurna, sehingga penyatuan hanya terjadi pada sementum akar gigi. Konkresens dapat terjadi sebelum atau sesudah erupsi. Pada konkresens, kedua akar gigi hampir kontak dan berfusi dengan deposit sementum kedua akar.

 
Dilaserasi
Dilaserasi adalah penyimpangan pertumbuhan gigi sehingga hubungan aksial antara mahkota dan akar berubah.

 
Dens in dente
Dens in dente adalah gigi yang terbentuk dalam gigi. Kelainan ini biasanya mengenai gigi insisivus lateral dan insisivus sentral. Kelainan ini dapat menyebabkan retensi sisa makanan sehingga timbul karang gigi atau infeksi pada jaringan pulpa.

 
Taurodontia
Taurodontia adalah pelebaran ruang pulpa dengan karakteristik seperti tanduk sapi. Gigi mempunyai panjang normal dengan perbandingan mahkota dan akar gigi yang tidak normal. Dalam foto rontgen akan terlihat kamar pulpa yang sangat luas, akar pendek, dan bifurkasi hanya beberapa milimeter dari apeks.

 
Akar dan Tonjol Gigi Tambahan
Akar tambahan, yaitu terdapat cabang atau akar tambahan dengan saluran akar utama pada 1/3 apeks akar. Tonjol tambahan, yaitu tonjol atau tuberkel tambahan pada molar akhir atas dan kaninus atas.

 
Akar Bersegmen
Akar bersegmen adalah akar yang terpisah dari bagian yang lain sehingga menjadi dua segmen.

 
Akar Pendek
Pertumbuhan akar tidak sempurna karena kelenjar hipofisis kurang aktif sehingga akar pendek sedangkan mahkota normal.

 
Hipersementosis
Hipersementosis adalah sementum yang berlebihan di sekitar akar gigi karena kelainan lokal atau sistemik, misalnya akibat inflamasi pulpa atau gangguan metabolik.

 
Mutiara Enamel (Enameloma)
Enametoma adalah suatu endapan email kecil di sekitar apikal dentin akibat pertautan sementum dan email seperti mutiara.

 
Gigi Hutchinson
Gigi Hutchinson adalah bentuk gigi abnormal pada sifilis kongenital, yaitu bentuk seperti obeng pada insisivus, peg shape pada kaninus, dan mulberry appearance pada molar satu.

 
Odontoma
Odontoma adalah pembentukan abnormal jaringan gigi karena gangguan pada lamina, dental atau folikel akibat trauma atau infeksi, misalnya adamantinoma.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: