Keloid

  • Sharebar
Definisi
Keloid adalah pembentukan jaringan parut yang berlebihan yang tidak sesuai dengan beratnya trauma.

 

Kecenderungan terjadinya keloid berdasarkan ras dan bagian tubuh tertentu misalnya sternum, bahu, pinggang, cuping telinga, dan wajah. Keloid tumbuh melewati batas tepi luka, aktif dan menunjukkan tanda radang seperti kemerahan, gatal, dan nyeri ringan. Pertumbuhan keloid bersifat progresif. Perlu dibedakan dengan parut hipertrofik yang besarnya masih sesuai dengan batas tepi luka.

 
Penatalaksanaan
Secara konservatif dengan penyuntikan suspensi triamsinolon (10 mg/ml) intrakeloid. Penyuntikan diulang 2 – 3 minggu sekali sampai efek yang diinginkan tercapai. Bila pasien tidak dapat menahan sakit saat disuntik dan atau ukuran keloid terlalu luas dan tebal, dilakukan tindakan bedah berupa eksisi dan penutupan primer atau cangkok kulit diikuti dengan kortikosteroid intralesi.

 

Catatan istilah lesi kulit lainnya:

Kalus merupakan hiperkeratosis setempat yang umumnya berbentuk kurang lebih bundar akibat gesekan kronik. Biasanya timbul di atas penonjolan tulang dan akan hilang sendiri bila gesekan kronik dihentikan.

 

Klavus adalah kalus lokal di plantar pedis atau jari kaki, yang tumbuh ke dalam. Dasar klavus berada di permukaan, sedangkan puncaknya menuju ke dalam kulit. Dasar yang berada di permukaan kulit berupa cekungan dikelilingi daerah keratinisasi tebal yang teraba keras. Puncak klavus dapat menimbulkan nyeri akibat tertekan pada waktu berjalan atau berdiri.

 

Keratosis seboroika adalah hiperkeratosis setempat yang sering timbul di muka, badan, dan tangan. Sering terjadi pada usia pertengahan ke atas. Lesinya berbatas tegas, kurang lebih bulat, bentuknya mirip kembang kol, berwarna gelap dengan permukaan kasar dan rapuh seperti lilin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 9 ?
Please leave these two fields as-is: