Kontusio Pulmoner

  • Sharebar

Flail chest dapat diperburuk oleh kontusio pulmoner, walaupun kontusio pulmoner dapat saja terjadi tanpa fraktur iga terutama pada anak-anak.

 
Manifestasi Klinis
Cairan dan darah dari pembuluh darah yang mengalami ruptur memasuki alveolus, ruang interstisial, dan bronkus, menghasilkan obstruksi jalan napas lokal. Daya kembang paru berkurang, dan ventilasi menjadi lebih sukar. Pada inspeksi terlihat dispnu yang nyata dan penderita batuk dengan sputum yang berbuih atau dengan darah. Perkusi dada menunjukkan keredupan dengan bermacam-macam derajat sebanding dengan beratnya kerusakan paru-paru. Suara napas melemah dan biasanya ada ronki, krepitasi, atau ronki kasar, seperti neniup gelembung.

 
Penatalaksanaan
Membuat tekanan ventilasi positif pada akhir ekspirasi dapat menolong daiam memperbaiki kapasitas residu fungsional dan mengurangi pintas intrapulmoner. Hindari pemberian cairan yang berlebihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 15 ?
Please leave these two fields as-is: