Krisis Hipertensi

  • Sharebar

Definisi

Hipertensi darurat adalah suatu kondisi di mana diperlukan penurunan tekanan darah dengan segera (tidak selalu diturunkan sampai batas normal), untuk mencegah atau membatasi kerusakan organ. Misalnya pada ensefalopati hipertensif, perdarahan intrakranial, infark miokard akut, dan eklampsia. Pilihan obat yang digunakan dapat dilihat dalam tabel dibawah.

 

Tujuannya adalah menurunkan kurang lebih 25% (dalam hitungan menit sampai 2 jam), kemudian mencapai 160/100 mmHg dalam 2-6 jam, guna menghindari iskemia ginjal, otak, atau koroner. Pemberian nifedipin sublingual yang sering digunakan selama ini teryata memiliki beberapa efek samping serius dan terdapat kesulitan mengontrol penurunan tekanan darahnya. Tekanan darah pasien tersebut harus dimonitor terus dengan interval 15-30 menit.

 

Hipertensi mendesak adalah suatu kondisi di mana penurunan tekanan darah harus dilakukan dalam beberapa jam, misalnya pada hipertensi dengan edema pada lempeng optik retina, atau komplikasi organ yang progresif. Obat yang diberikan adalah dosis oral dengan mula kerja yang cepat, misalnya diuretik loop, ß bloker, penghambat ACE, agonis a 2, atau antagonis kalsium.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 14 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: