Luka akibat Kekerasan Tajam

  • Sharebar
Definisi
Merupakan luka terbuka yang terjadi akibat benda yang memiliki sisi tajam atau ujung runcing. Luka berupa luka terbuka dengan tepi dan dinding luka yang rata, berbentuk garis, tidak terdapat jembatan jaringan, dasar luka berbentuk garis atau titik dengan keadaan sekitar luka bersih. Luka jenis ini dapat berupa:

1. Luka iris/sayat: luka lebar tapi dangkal, terjadi akibat kekerasan yang sejajar kulit.

2. Luka bacok: luka bacok mempunyai dalam luka kurang lebih sama dengan panjang luka, terjadi akibat kekerasan yang arahnya miring dengan kulit.

3. Luka tusuk: merupakan luka dengan kedalaman luka yang melebihi panjang luka, terjadi akibat kekerasan yang arahnya tegak lurus kulit. Sudut luka terbuka dapat menunjukkan arah benda penyebabnya. Bila satu sudut luka lancip dan yang lain tumpul berarti benda penyebab adalah benda tajam bermata satu, sedang bila kedua sudut luka lancip berarti benda tajam bermata satu atau dua. Benda tajam bermata satu dapat menimbulkan luka tusuk bermata lancip, bila hanya bagian ujung benda saja yang menyentuh kulit. Panjang luka umumnya tidak mencerminkan lebar benda dan panjang saluran luka tidak menunjukkan panjang benda tajam tersebut akibat faktor elastisitas jaringan dan gerakan korban.

 

Pada luka akibat kekerasan tajam dapat juga berupa :

o Luka tangkis: luka yang terjadi akibat perlawanan korban dan umumnya terdapat pada telapak, punggung tangan, jari tangan, punggung lengan bawah, dan tungkai.

o Luka percobaan: luka-luka sejajar dengan luka utama yang dalam, merupakan luka khas pada kasus bunuh diri dengan benda tajam. Umumnya berupa luka sayat yang berulang dan biasanya sejajar satu sama lain serta terdapat pada daerah leher atau pergelangan tangan.

 

Umumnya berdasarkan sifat, luka dapat membedakan cara kematian.

 

Pemeriksaan pada baju yang terkena pisau bertujuan untuk melihat interaksi pisau-kain­-tubuh, yaitu lokasi kelainan, bentuk robekan, adanya partikel besi (reaksi biru berlin dilanjutkan pemeriksaan spektroskopi), serat kain dan pemeriksaan terhadap adanya bercak darah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 14 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: