Luka akibat Trauma Fisika

  • Sharebar
I. Luka akibat Suhu Tinggi
Suhu tinggi dapat mengakibatkan terjadinya :

o Heat exhaustion primer akibat ketidak seimbangan antara darah sirkulasi dengan lumen pembuluh darah. Sering akibat pemaparan terhadap panas, kerja jasmani berlebihan, dan pakaian yang terlalu tebal.

o Heat exhaustion sekunder akibat kehilangan cairan tubuh yang berlebihan.

o Heat stroke merupakan kegagalan pusat pengatur suhu akibat terlalu tingginya temperatur pusat tubuh.

o Sun stroke akibat panas matahari yang menyebabkan hipertermia

o Heat cramps akibat menghilangnya NaCl darah dengan cepat akibat suhu tinggi.

 

Luka bakar terjadi akibat kontak kulit dengan benda bersuhu tinggi. Kerusakan tergantung pada tinggi suhu dan lama kontak. Derajat luka bakar terbagi atas:

I. Eritema, mulai terjadi pada suhu 35° C selama 120 detik

II. Vesikel dan bula, sudah.dapat terjadi pada suhu 53-57°C selama kontak 30-120 detik

III. Nekrosis koagulatif

 
IV. Karbonisasi
Kematian pada luka bakar terjadi karena syok neurogen, dehidrasi, atau infeksi

 
II. Luka akibat Suhu Rendah
Dapat menyebabkan kematian mendadak akibat kegagalan pusat pengatur suhu maupun rendahnya disosiasi Oxy-Hb. Bayi, orang tua, orang yang kelelahan, alkoholisme, hipopituitarism, miksedema, dan steatorea biasanya merupakan orang yang rentan terhadap dingin. Derajat luka yang terjadi pada kulit :

I. Hiperemia

II. Edema dan vesikel

III. Nekrosis

IV. Pembekuan disertai kerusakanjaringan

 

III. Luka akibat Trauma Listrik

Faktor yang berperan :

1. Tegangan (volt): tegangan sedang (65-1000 V) dapat mematikan. Tegangan tinggi justru tidak mematikan.

2. Kuat arus (ampere): makin besar arus, makin berbahaya bagi kelangsungan hidup. Sensitifitas terhadap arus listrik bolak balik (AC) 4-6 kali lebih besar dibanding arus listrik searah (DC). Arus lisrik AC 25-80 mA atau DC 80-300 mA akan terjadi penurunan kesadaran dan fibrilasi ventrikel, di atas 3 A menyebabkan henti jantung. Kuat arus yang masih memungkinkan untuk dilepaskan disebut let go current, berbeda tiap individu.

3. Tahanan kulit (ohm): tahanan tubuh dari yang terbesar yaitu kulit, tulang, lemak, saraf, otot, darah, dan yang terkecil cairan tubuh.

4. Arah aliran listrik: mematikan bila melintasi otak atau jantung.

5. Luas permukaan kontak : luas 50 cm2 dapat mematikan tanpa menimbulkan jejas listrik.

6. Lama kontak : menentukan kecepatan datangnya kematian.

Gambaran makroskopis: kerusakan lapisan tanduk berupa luka bakar dengan tepi yang menonjol, di sekitarnya pucat dikelilingi kulit yang hiperemis. Dapat ditemukan metalisasi dan magnetisasi terutama jika tegangan tinggi. Kematian terjadi karena fibrilasi ventrikel, kelumpuhan otot dan pusat pernapasan.

 
IV. Luka akibat Petir
Kematian dapat terjadi karena efek arus listrik, efek panas, dan efek ledakan gas panas yang timbul. Makroskopik akan ditemukan aborescent mark (kemerahan kulit seperti percabangan pohon), metalisasi (pemindahan partikel metal dari benda yang dipakai ke dalam kulit, magnetisasi (benda metal yang dipakai berubah menjadi magnet). Pakaian sering terbakar dan compang-camping akibat efek ledakan dan panas (blast effect).



V. Luka akibat Perubahan Tekanan Udara
Perubahan tekanan udara menyebabkan terjadinya perubahan volume gas di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan terjadinya barotrauma aural, barotrauma pulmonal, atralgia hiperbarik, penyakit dekompresi, dan emboli udara. Kelainan lain yang dapat dijumpai adalah rasa nyeri pada gigi yang berkavitas, vertigo, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran dan gangguan keseimbangan. Gangguan susunan saraf pusat yang dapat terjadi di antaranya tremor, konvulsi, somnolen, pusing, dan mual.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 3 + 9 ?
Please leave these two fields as-is: