Malformasi Anorektal

  • Sharebar
Definisi
Patofisiologi
Kelainan bawaan anus disebabkan oleh gangguan pertumbuhan, fusi, dan pembentukan anus dari tonjolan embriogenik.

 
Manifestasi Klinis
Lebih dari 50% pasien memiliki kelainan kongenital lain, yaitu kelainan traktus urogenital (30%), jantung (75%), saluran cerna, dan tulang.

 

Fistel urin diketahui dengan keluarnya mekonium dari lubang uretra. Untuk membedakannya antara fistel uretra dengan vesika urinaria dipasang kateter. Urin akan jemih bila fistel berada di uretra dan tercampur mekonium bila fistel di vesika.

 

Fistel vagina diketahui dari keluamya mekonium melalui vagina. Pada fistel vestibulum, muara fistel terdapat di vulva. Pada atresia rektum, anus tampak normal tetapi pada pemeriksaan colok dubur, jari tidak dapat masuk lebih dari 1-2 cm.

 

Pada fistel perineum, letak lubang adalah anterior dari anus normal. Pada membran anal terdapat bayangan mekonium di bawah selaput.

 

Pemeriksaan Penunjang

Tidak ditemukannya fistel pada pasien laki maupun perempuan dan tanda klinis yang tidak jelas pada pasien laki-laki merupakan indikasi pemeriksaan invertogram. Ketinggian letak atresia dinilai dengan mengukur jarak dari udara di ujung distal rektum ke tanda logam di perineum. Invertogram hanya dilakukan bila tidak ada fistel.

 
Penatalaksanaan
Tindakan bedah dibedakan berdasarkan tipe kelainannya. Pada defek letak rendah langsung dilakukan terapi definitif, yaitu anorektoplasti posterior sagital (PSARP). Sedangkan pada sisanya dilakukan kolostomi sementara. Khusus untuk defek tipe kloaka pada perempuan, selain kolostomi dilakukan pula vaginostomi dan diversi urin jika perlu. Enam bulan kemudian dilakukan ano-rekto-vagino-uretroplasti posterior sagital (PSAVURP).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 5 ?
Please leave these two fields as-is: