Miliaria

  • Sharebar
Definisi
Miliaria (biang keringat, keringat buntet, liken tropikus, prickle heat) adalah kelainan kulit akibat tertutupnya saluran kelenjar keringat yang menyebabkan retensi keringat. Berdasarkan letak sumbatan, miliaria diklasifikasikan menjadi miliaria kristalina, rubra, dan profunda.

 
Manifestasi Klinis
Pada miliaria kristalina sumbatan terjadi intra/subkorneal. Terlihat vesikel berukuran 1-2 mm terutama pada badan setelah banyak berkeringat, misalnya karena hawa panas, yang bergerombol tanpa tanda radang pada bagian yang tertutup pakaian. Umumnya tidak memberi keluhan dan sembuh dengan sisik yang halus.

 

Pada miliaria rubra sumbatan terjadi pada stratum spinosum. Terlihat papul merah atau papul vesikular ekstrafolikular yang gatal dan pedih pada badan tempat tekanan atau gesekan pakaian. Miliaria jenis ini terdapat pada orang yang tidak biasa pada daerah tropik.

 

Miliaria profunda terjadi bila sumbatan terdapat pada dermis bagian atas, biasanya timbul setelah miliaria rubra, ditandai papul putih, keras, berukuran 1-3 mm, terutama di badan dan ekstremitas.

 
Penatalaksanaan
Penting untuk menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik, dan menggunakan pakaian tipis dan menyerap keringat. Untuk miliaria kristalina tidak diperlukan pengobatan. Untuk miliaria rubra dapat diberikan bedak salisil 2% dibubuhi mentol ¼ -2%. Losio Faberi dapat pula digunakan dengan komposisi sebagai berikut:

 

R/ Acidi salicylici 500 mg

Talci 5 m g

Oxydi zincici 5 mg

Amyli oryzae 5 mg

Alkohol (90; vol%) 25

cc 100

 

Sebagai antipruritus dapat ditambahkan mentol ½ -1% atau kamper 1-2% dalam losio Faberi. Untuk miliaria rubra dapat digunakan losio calamin dengan atau tanpa menthol 0,25%, dapat pula resorsin 3% dalam alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 11 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: