Neuritis Optik

  • Sharebar

Definisi

Dikenal dua bentuk yaitu papilitis, atau peradangan papil saraf optik, dan neuritis retrobul­bar, berupa radang saraf optik yang terletak di belakang bola mata dan tidak menunjukkan kelainan. Lebih sering terjadi pada wanita dewasa dan dapat terjadi bilateral.

 

Etiologi

Idiopatik, permulaan penyakit multipel sklerosis, atau akibat infeksi morbili atau cacar air pada anak, penyakit mielin saraf, anemia pernisiosa, diabetes melitus, dan intoksikasi.

 

Manifestasi Klinis

Kehilangan penglihatan mendadak dalam beberapa jam sampai hari yang mengenai satu atau kedua mata, dengan usia terutama 18-45 tahun, sakit pada rongga orbita terutama pada pergerakan mata, penglihatan warna terganggu, gangguan lapang pandang, dan tanda Uhthoff (penglihatan turun setelah olahraga atau suhu tubuh naik). Tajam penglihatan turun maksimal 2 minggu kemudian kembali normal setelah beberapa minggu. Pada satu mata terlihat adanya defek pupil Marcus Gunn, sel radang di dalam badan kaca, dan edema papil dengan perdarahan atau berangsur-angsur pucat (atrofi) dengan batas kabur. Pada neuritis retrobulbar gambaran fundus sama sekali normal.

 

Diagnosis Banding

Neuropati otak iskemia, edema papil akut, hipertensi berat, dan toksik neuropati.

 

Pemeriksaan Penunjang

Pada funduskopi terlihat hiperemia dan pelebaran vena-vena besar sebagai tanda dini papilitis. Batas lempeng optik tidak jelas, terdapat edema papil serta eksudat retina. Untuk mencari penyebabnya dilakukan pemeriksaan foto rontgen kanal optik, sela tursica, atau tomografi komputer orbita dan kepala.

 

Penatalaksanaan

Pengobatan kausal tergantung etiologi, biasanya melalui pemberian kortikosteroid atau ACTH, namun harus dirujuk segera. Pada keadaan akut bila visus sama atau lebih baik dari 20/40 maka dilakukan pengamatan saja. Bila visus sama atau kurang dari 20/50, maka diamati saja atau diberikan metilprednisolon 250 mg intravena tiap 6 jam selama 3 hari, disusul tablet prednison 1 mg/kg BB selama 11 hari kemudian dilakukan tapering off selama 4 hari. Diberikan juga antibiotik untuk menahan infeksi penyebab, vasodilator, dan vitamin.

 

Prognosis

Neuritis optik unilateral biasanya sembuh spontan dalam 4-6 minggu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: