Penentuan Golongan Darah

  • Sharebar

Bila sel darah merah dalam keadaan utuh, penentuan golongan darah dilakukan dengan meteskan 1 tetes antiserum ke atas 1 tetes darah melihat aglutinasi yang terjadi.

 

Bila sel darah merah sudah rusak, maka penentuan golongan darah dapat dilakukan dengan cara menentukan jenis aglutinin dan antigen. Penentuan jenis antigen dapat lakukan dengan cara absorpsi inhibisi, absorpsi elusi, atau aglutinasi campuran. Yang biasa dilakukan adalah cara absorpsi elusi dengan prosedur sebagai berikut:

o Dua atau tiga helai benang yang mengandung bercak kering difiksasi dengan metil alkohol selama 15 menit

o Benang diangkat, dibiarkan mengering, kemudian diuraikan menjadi serat-serat halus menggunakan 2 buah jarum

o Lakukan juga terhadap benang yang tidak mengandung bercak darah sebagai kontrol negatif

o Masukan serat benang ke dalam 2 tabung reaksi

o Teteskan seruni anti-A ke dalam tabung pertama dan serum anti-B ke dalam tabung ke dua hingga serabut benang tersebut terendam seluruhnya

o Simpan tabung-tabung tersebut dalam lemari pendingin bersuhu 4 derajat Celsius selama satu malam

o Cuci dengan larutan garam faal dingin (4 °C) sebanyak 5-6 kali

o Tambahkan 2 tetes suspensi 2% sel indikator (sel darah merah golongan A pada tabung pertama dan golongan B pada tabung kedua)

o Putar dengan kecepatan 1000 RPM selama l menit

o Bila tidak terjadi aglutinasi cuci sekali lagi dan kemudian tambahkan 1-2 tetes larutan garam faal dingin. Panaskan pada suhu 56 °C selama 10 menit dan pindahkan eluat ke dalam tabung lain. Tambahkan 1 tetes suspensi sel indikator ke dalam masing-masing tabung, biarkan selama 5 menit lalu putar selama 1 menit pada kecepatan 1000 RPM.

 

Pembacaan hasil dilakukan secara makroskopik. Bila terjadi aglutinasi berarti darah mengandung antigen yang sesuai dengan antigen sel indikator.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: