Perkiraan Saat Kematian

  • Sharebar

Selain perubahan di atas, perubahan lain yang dapat digunakan adalah :

1. Perubahan pada mata. Kekeruhan kornea yang menetap mulai kira-kira 6 jam pascamati, 10-12 jam pascamati kekeruhan terjadi baik pada mata yang ditutup/tidak. Setelah mati tekanan bola mata turun. Hingga 30 menit pascamati tampak kekeruhan makula dan memucatnya diskus optik. Selama 2 jam pertama pascamati retina pucat, daerah sekitar diskus dan sekitar makula menjadi kuning (perubahan pada retina hingga 15 jam pascamati). Saat itu pola vaskular koroid berupa bercak-bercak berlatar merah dengan pola segmentasi yang jelas, setelah 3 jam pascamati menjadi kabur dan setelah 5 jam menjadi homogen-pucat. Setelah 6 jam pascamati batas diskus kabur dan dan hanya pembuluh besar yang bersegmentasi yang terlihat dengan latar belakang kuning-kelabu. Dalam 12 jam pascamati pada diskus hanya dikenali dengan adanya konvergensi beberapa segmen pembuluh darah yang tersisa. Setelah 15 jam hanya makula saja yang tampak, berwarna coklat gelap.

2. Perubahan pada lambung. Kecepatan pengosongan lambung bervariasi. Adanya makanan tertentu dapat menyimpulkan korban memakan makanan tersebut beberapa jam sebelum mati.

3. Perubahan rambut. Berpegangan bahwa kecepatan tumbuh rambut rata-rata 0,4 mm/ hari. Untuk mengetahui pertambahan panjang rambut, kumis dan jenggot dari saat kematian.

4. Pertumbuhan kuku. Sebagaimana di atas, pertumbuhan kuku sekitar 0,1 mm/hari.

5. Perubahan dalam cairan serebrospinal. Kadar nitrogen asam amino < 14 mg% (kematian belum lewat 10 jam), kadar nitrogen non protein < 80 mg% (kematian belum 24 jam), kadar kreatin < 5 mg% (kematian belum 10 jam) dan kadar kreatin < 10 mg% (kematian belum 30 jam).

6. Cairan vitreus. Peningkatan kalium bermakna (24-100 jam pascamati)

7. Perubahan kadar semua komponen darah

8. Reaksi supravital. Merupakan reaksi jaringan tubuh sesaat pascamati klinis yang masih sama seperti reaksi jaringan tubuh pada seseorang yang hidup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 4 ?
Please leave these two fields as-is: