Pitiriasis Rosea

  • Sharebar
Definisi
Penyakit kulit ini dimulai dengan lesi inisial berbentuk eritema dan skuama halus, disusul lesi-lesi yang lebih kecil di badan, lengan, dan paha atas yang tersusun sesuai lipatan kulit, biasanya menyembuh dalam waktu 3-8 minggu.

 
Etiologi
Belum diketahui. Ada hipotesis penyebabnya adalah virus karena sifat penyakitnya swasirna (self limitting disease).

 
Manifestasi Klinis
Pada umumnya tidak terdapat gejala konstitusi. Sebagian pasien mengeluh gatal ringan. Pitiriasis berarti skuama halus. Penyakit dimulai dengan lesi inisial (herald patch atau medalion), umumnya di badan, soliter, bentuk oval dan anular, diameter 3 cm. Lesi berupa eritema dengan skuama halus di tepi. Lesi inisial tersebut sering tidak seluruhnya eritematosa, tetapi bentuknya masih oval dan di tengahnya tampak hipopigmentasi. Lesi berikutnya timbul 4-10 hari setelah lesi inisial, ruam seperti lesi pertama dengan ukuran lebih kecil, susunan sejajar kosta pada punggung (menyerupai cemara terbalik), timbul serentak atau dalam beberapa hari. Tempat predileksinya adalah badan, lengan atas bagian proksimal, dan paha atas (seperti pakaian renang wanita jaman dahulu). Pada anak-anak dapat muncul sebagai urtika, vesikel, dan papul.

 
Diagnosis Banding
Tinea korporis

 
Penatalaksanaan
Pengobatan bersifat simtomatik. Untuk gatalnya, secara sistemik pasien diberi sedativa sedangkan secara topikal diberi bedak asam salisilat yang dibubuhi mentol ½ -1%.

 
Prognosis
Prognosis baik karena sembuh spontan dalam waktu 3-8 minggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 8 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: