Pneumotoraks

  • Sharebar
Definisi
Pneumotoraks adalah pengumpulan udara dalam ruang potensial antara pleura viseral dan parietal.

 
Manifestasi Klinis
Penderita mengeluh sesak napas, nyeri, dan batuk-batuk.

 

Pada inspeksi, toraks mungkin lebih besar dari biasanya, mungkin pula normal. Terdapat bagian dada yang tertinggal dalam gerakan pernapasan. Pada palpasi didapatkan fremitus yang berkurang di sisi trauma, mungkin teraba krepitasi karena emfisema subkutan. Juga ditemukan adanya pergeseran dari trakea, posisi jantung, dan mediastinum. Pada perkusi ditemukan adanya hipersonor atau timpani. Juga bising napas yang berkurang pada auskultasi.

Pemeriksaan coin test. Sebuah logam ditekankan pada dinding toraks anterior dan diketuk dengan uang logam lainnya. Sementara itu dilakukan auskultasi pada dinding toraks posterior. Jika ada udara dalam rongga pleura, akan terdengar suara metalik yang khas. Jika terdapat akumulasi cairan dan udara dalam rongga pleura dan pasien merubah posisinya secara tiba-tiba, akan terdengar suara gerakan air yang disebut sebagai succussion splash.
Pemeriksaan Penunjang
Pada foto toraks PA, terlihat bagian toraks yang avaskuler. Bila besar, akan tampak pergeseran trakea dan mediastinum ke sisi yang sehat.

 
Penatalaksanaan
WSD

 

Pneumotoraks Terbuka

Yang dimaksud dengan pneumotoraks terbuka adalah gangguan pada dinding dada berupa hubungan langsung antara ruang pleura dan lingkungan. Manifestasi pneumotoraks didominasi oleh adanya mediastinal flutter dan luka menghisap. Oleh karenanya tidaklah perlu untuk menunjukkan adanya kelainan ini dengan pemeriksaan fisik. Yang penting adalah untuk segera melakukan penutupan luka terbuka tersebut dengan kasa steril yaag diplester pada 3 sisi.


Tension Pneumothorax
Tension pneumothorax merupakan suatu pneumotoraks yang progresif dan cepat sehingga membahayakan jiwa pasien dalam waktu yang singkat. Udara yang keluar paru masuk ke rongga pleura dan tidak dapat keluar lagi, sehingga tekanan pleura terus meningkat.

 
Manifestasi Klinis
Terjadi sesak napas yang progresif dan berat. Pasien tampak sianosis, kecuali sudah terjadi kehilangan darah yang banyak. Terdapat kolaps dengan pulsus kecil dan hipotensi berat sebagai akibat gangguan pada jantung dan terhalangnya aliran balik vena ke jantung. Tanda-tanda pergesaran mediastinum jelas terlihat. Perkusi biasanya timpani, mungkin pula redup karena pengurangan getaran pada dinding toraks

 
Penatalaksanaan
Tindakan penyelamatan hidup yang cepat. Lakukan desinfeksi kulit di sela iga ke-2 dari garis midklavikuler yang terkena. Lalu dengan jarum suntik steril dilakukan pungsi, dan dibiarkan terbuka. Secepat mungkin lakukan tube torakostomi, karena sangat mungkin akan terjadi tension pneumothorax lagi sesudah paru mengembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 3 + 2 ?
Please leave these two fields as-is: