Polimialgia Reumatik

  • Sharebar

Penyakit ini merupakan suatu sindrom yang terdiri dari rasa nyeri dan kekakuan yang terutarna mengenai otot ekstremitas proksimal, leher, bahu, dan panggul. Terutama mengenai usia pertengahan atau lanjut usia, sekitar 50 tahun ke atas.

 

Dapat timbul sebagai prodromal atau manifestasi dari berbagai penyakit, yaitu penyakit jaringan ikat (lupus eritematosus sistemik, skleroderma sistemik, dan polimiositis), keganasan (bronkus, dada, tiroid, intraabdomen, mieloma multipel), infeksi (tuberkulosis, endokarditis bakterial), dan giant cell arteritis.

Giant cell arteritis adalah radang arteri sedang setempat dengan infiltrasi mononuklear. Sering mengenai arteri kranial dan arteri temporalis. Diaposis arteritis penting untuk ditegakkan, karena mempunyai risiko kebutaan akibat obstruksi arteri siliaris posterior dan arteri oftalmika.

 

Mungkin pula timbul tanpa penyakit penyebab, disebut polimialgia reumatik primer.

 

Manifestasi Klinis

Gejala utama adalah nyeri dan kekakuan yang mengenai leher, bahu, lengan atas, pinggang, pinggul, dan punggung sebelah bawah. Kekakuan terutama mengganggu tidur dan istirahat. Tidak terdapat kelelahan otot. Mungkin disertai sakit kepala, anoreksia, malaise, demam, dan banyak keringat, sering kali disertai depresi. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan yang khas.

 

Pemeriksaan Penunjang

Dari hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan anemia normokrom normositik ringan, leukositosis ringan, peninggian LED, dan faktor reuma yang negatif. Pada pemeriksaan radiologi, foto sendi umumnya normal, demikian pula dengan elektromiografi.

 

Penatalaksanaan

Polimialgia reumatik tanpa arteritis menunjukkan respons cepat dan dramatis dalam 1-5 hari dengan dosis kecil prednison 10- 15 mg sehari. Jika terdapat gejala-gejala yang mungkin disebabkan arteritis kranial, maka dianjurkan pemberian prednison 600 mg/hari sebagai dosis awal diikuti biopsi arteri temporal 1-2 minggu sesudahnya. Prednison diberikan selama 1-2 bulan sebelum dilakukan tapering off.

 

Prognosis

Nyeri pada otot dengan gerakan yang baik umumnya sembuh sendiri dalam 6 bulan, tetapi mungkin sampai 2-3 tahun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: