Presbikusis

  • Sharebar

Definisi

Presbikusis adalah tuli saraf sensorineural frekuensi tinggi, terjadi pada usia lanjut, simetris kiri dan kanan, disebabkan proses degenerasi di telinga dalam.

 

Etiologi

Terjadi akibat proses degenerasi yang berhubungan dengan faktor-faktor herediter, kebisingan lingkungan hidup dan kerja, penyakit sistemik, hipertensi, diabetes melitus, anemia, arteriosklerosis, infeksi, bising, gaya hidup, atau bersifat multifaktor. Biasanya terjadi pada usia lebih dari 60 tahun. Progresivitasnya dipengaruhi usia dan jenis kelamin.

 

Patofisiologi

Terjadi perubahan struktur koklea dan nervus akustik, berupa atrofi dan degenerasi sel­sel rambut penunjang pada organ Corti, disertai perubahan vaskular pada stria vaskularis. Jumlah dan ukuran sel-sel ganglion dan saraf juga berkurang.

 

Manifestasi Klinis

Pendengaran berkurang secara perlahan-lahan, progresif, dan simetris pada kedua telinga. Telinga berdenging. Pasien dapat mendengar suara percakapan tapi sulit memahaminya, terutama bila cepat dan latarnya riuh. Bila intensitas ditinggikan akan timbul rasa nyeri. Dapat disertai tinitus dan vertigo.

 

Pada pemeriksaan otoskop tampak membran timpani suram dan mobilitasnya berkurang.

 

Pemeriksaan Penunjang

Tes penala menunjukkan tuli sensorineural. Pemeriksaan audiometri nada murni menunjukkan tuli saraf nada tinggi, bilateral, dan simetris. Pemeriksaan audiometri tutur menunjukkan gangguan diskriminasi wicara.

 

Penatalaksanaan

Pemasangan alat bantu dengar dikombinasikan dengan latihan membaca ujaran dan latihan mendengar oleh ahli terapi wicara. Yang penting adalah pengertian dari orang sekitarnya untuk berbicara dengan pelan, jelas, dengan kata-kata yang pendek dan tidak keras.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: