Prurigo Hebra

  • Sharebar
Definisi
Prurigo hebra adalah penyakit kulit kronik dimulai sejak bayi atau anak, sering terdapat pada anak dengan tingkat sosial-ekonomi dan higiene rendah. Klasifikasi berdasarkan tingkat keparahan dibagi menjadi ringan (prurigo mitis) dan berat (prurigo feroks atau agria).

 
Etiologi
Penyebab pasti belum diketahui. Ada yang berpendapat sebagai penyakit herediter, akibat kepekaan kulit pasien terhadap gigitan serangga, ataupun didasari atopi. Di samping itu juga terdapat beberapa faktor yang berperan antara lain suhu, infestasi parasit (misalnya Ascaris atau Oxyuris), infeksi fokal, dan alergi makanan.

 
Manifestasi Klinis
Tanda khas ialah adanya papul-papul miliar tidak berwarna, berbentuk kubah, lebih mudah diraba daripada dilihat. Keluhannya sangat gatal. Garukan yang terus-menerus menimbulkan erosi, ekskoriasi, krusta, hiperpigmentasi, dan likenifikasi. Sering pula terjadi infeksi sekunder.

 

Tempat predileksi di ekstremitas bagian ekstensor dan simetris, dapat meluas ke bokong, perut, muka dapat pula terkena. Biasanya bagian distal lebih parah. Umumnya tungkai lebih parah daripada lengan.

 

Kelenjar getah bening regional biasanya membesar, tanpa tanda radang, tidak nyeri, tidak bersupurasi, lebih lunak pada perabaan. Pembesaran demikian disebut bubo prurigo.

 
Penatalaksanaan
Pengobatan yang tepat belum ada karena penyebab belum diketahui. Gatal dikurangi dengan sedativa. Hindari gigitan nyamuk atau serangga, cari dan obati infeksi fokal, dan perbaiki higiene baik perseorangan maupun lingkungan. Bila terdapat infeksi sekunder diobati.

 

Contoh pengobatan topikal ialah sulfur 5-10% dalam bentuk bedak kocok atau salep. Untuk mengurangi gatal dapat diberikan mentol 0,25-1% atau kamper 2-3%. Kadang-kadang diberikan steroid topikal untuk menekan inflamasi bila kelainan tidak luas.

 
Prognosis
Sebagian besar sembuh spontan pada usia akil balik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 8 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: