Reaksi Id

  • Sharebar
Definisi
Dermatophytid atau reaksi ‘id’ adalah reaksi tubuh baik bersifat umum atau terlokalisasi terhadap antigen jamur.

 
Etiologi
Reaksi ‘id’ merupakan manifestasi alergi suatu peradangan. Reaksi ini dapat terjadi pada tinea kapitis, tinea pedis atau tinea di tempat lain. Jika reaksi ini terjadi, infeksi primernya biasanya merupakan peradangan akut, misalnya pada kerion atau bula pada tinea pedis.

 
Manifestasi Klinis
Manifestasi klinis bervariasi dari ringan hingga berat. Pada reaksi ringan, gejala yang timbul berupa vesikel pada telapak tangan atau bagian samping jari-jari yang disertai dengan rasa gatal. Bentuk ini merupakan bentuk yang paling sering dijumpai.

 

Pada kasus yang sangat jarang, reaksi dapat timbul lebih berat. Reaksi ini diawali dengan demam, anoreksia, adenopati generalisata, pembesaran limpa, dan leukositosis. Lesi terutama di tubuh berupa papul-papul berkelompok dengan rasa gatal dan kadang-kadang sakit. Erupsi reaksi ini dapat pula menyerupai morbili atau scarlatini, namunjarang. Tipe ini biasanya terjadi pada tinea kapitis dengan atau tanpa kerion.

 

Pada lesi tersebut tidak ditemukan jamur penyebab, namun dapat ditemukan bakteri jika terjadi infeksi sekunder. Selain itu pada uji kulit dengan trichophytin memperlihatkan reaksi positif Trichophytin merupakan antigen yang didapat dari kutur dermatofit.

 
Penatalaksanaan
Pada reaksi ringan, pengobatan pada fokus infeksi dapat menghilangkan reaksi tersebut. Sedangkan pada reaksi yang berat, diperlukan pengobatan dengan kortikosteroid oral, seperti prednison selama beberapa hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: