Reaksi terhadap Stres Berat

  • Sharebar

Pada gangguan ini harus terdapat suatu stres emosional yang besar yang akan traumatik bagi semua orang.

 

Etiologi

Respons subyektif terhadap trauma lebih berperan daripada beratnya stres. Faktor predisposisi yang membuat seseorang rentan adalah:

1. Adanya trauma masa anak-anak

2. Sifat gangguan kepribadian ambang, paranoid, dependen, atau antisosial

3. Sistem pendukung yang tidak adekuat

4. Kerentanan genetik

5. Perubahan hidup penuh stres yang baru terjadi

6. ­Persepsi lokus kontrol eksternal, bukan internal

7. Penggunaan alkohol yang baru.

 

Manifestasi Klinis

Gambaran klinis utama adalah pengalaman ulang peristiwa yang menyakitkan, suatu pola menghindar dan kekakuan emosional, serta kesadaran berlebihan yang hampir menetap.

 

Karakteristik dari kategori ini tidak hanya atas identifikasi dasar simtomatologi dan perjalanan penyakit, akan tetapi juga atas dasar salah satu dari dua faktor pencetus:

1. Suatu stres kehidupan yang luar biasa yang menyebabkan reaksi stres akut, atau

2. Suatu perubahan penting dalam kehidupan, yang menimbulkan situasi tidak nyaman yang berkelanjutan dengan akibat terjadi gangguan penyesuaian.

 

Gangguan dalam kategori ini selalu merupakan konsekuensi langsung dari stres akut yang berat atau trauma yang berkelanjutan.

 

Stres yang terjadi atau faktor tidak nyaman yang berkelanjutan merupakan faktor penyebab utama dan tanpa hal itu gangguan tersebut tidak akan terjadi.

 

Gangguan-gangguan ini dapat dianggap sebagai respons maladaptif terhadap stres berat atau stres berkelanjutan di mana mekanisme penyesuaian tidak berhasil mengatasi sehingga menimbulkan masalah dalam fungsi sosialnya.

 

Perjalanan Penyakit dan Prognosis

Kira-kira 30 % pasien pulih dengan sempurna, 40 % terus menderita gejala ringan, 20 % terus menderita gejala sedang, dan 10 % tidak berubah atau memburuk.

 

Umumnya orang yang sangat muda atau sangat tua lebih mengalami kesulitan.

 
Terapi
Pendekatan utama adalah mendukung, mendorong untuk mendiskusikan peristiwa, dan pendidikan tentang berbagai mekanisme mengatasinya.

 

Uji klinik menyatakan imipramin dan amitriptilin baik. Obat lain yang mungkin berguna adalah SSRI, MAOI, dan antikonvulsan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: