Rosser Plasty

  • Sharebar

Definisi

Rosser Plasty adalah tindakan pengangkatan sebagian kuku yang tumbuh ke arah dalam (ingrown toenail removal) berikut matriks tunasnya, dilanjutkan reposisi jaringan lunak tepi kuku.

 

Indikasi

Inflamasi berulang pada kuku ibu jari yang tumbuh ke dalam dan disertai eritema dan pembengkakan di sepanjang tepi kuku. Seiring berkembangnya inflamasi, terbentuk jaringan granulamatosa sepanjang tepi kuku.

 

Kontraindikasi

Tidak ada
Alat dan Bahan
1. Gunting kuku kecil dan tajam atau pisau bedah no.10 atau 11

2. Karet penjepit ibu jari (torniket)

3. Klem/forsep

4. Kapas

5. Alkohol

6. Salep antibiotik

7. Kassa 2 cm x 2 cm

8. Perban (roll gauze)

 
Tindakan
Ada dua pilihan dalam penatalaksanaan kuku yang tumbuh ke dalam ini. Pertama, pengangkatan sementara dari kuku yang tumbuh ke dalam dan pembersihan (debridemen) lipatan kuku. Prosedur ini membutuhkan waktu sedikit dan menghilangkan keluhan pasien namun dapat terjadi kekambuhan. Prosedur kedua membutuhkan waktu yang lebih lama namun memberikan penyembuhan yang menetap.

 
Tahap Eksisi Sisi Kuku
a. Lakukan anestesi blok jari yang bersangkutan.

b. Pasang torniket di bagian proksimal kuku.

c. Gunakan gunting kuku yang tajam atau pisau bedah no. 10/11, secara hati-hati buang bagian tepi kuku yang tumbuh ke dalam termasuk matriks tunasnya dengan jarak 2 – 3 mm dari arah lipatan kuku. lakukan pemotongan kuku secara hati-hati terutama saat memotong/melewati permukaan bawah kuku sehingga tidak terjadi laserasi pada dasar kuku.

d. Buang kuku yang rusak ini dengan forsep atau klem dan perlahan tarik dan lepaskan dari dasar kuku; yakini matriks kuku terangkat/terbuang (agar tidak terjadi rekurensi).

e. Upayakan agar ujung tepi kuku tidak runcing.

f. Bersihkan kotoran (debris) keratotik dari lekukan sisi kuku.

g. Lakukan penjahitan dengan tehnik mengupayakan jaringan lunak kuku berada di bawah kuku.

h. Berikan salep antibiotik pada dasar kuku yang terpapar/terlihat

i. Balut dengan kassa kering

 
Komplikasi
Infeksi, nekrosis tepi-tepi luka, rekurensi. Pencegahan rekurensi dengan tidak memakai sepatu yang terlalu sempit dan tidak memotong kuku terlalu pendek.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: