Sinusitis Subakut

  • Sharebar

Manifestasi Klinis

Sama dengan sinusitis akut, hanya tanda-tanda radang akutnya sudah reda.

Pada rinoskopi anterior tampak sekret purulen di meatus medius atau superior. Pada rinoskopi posterior tampak sekret purulen di nasofaring.

 

Pemeriksaan Penunjang

Pada pemeriksaan transiluminasi sinus yang sakit tampak suram atau gelap.

 

Penatalaksanaan

Mula-mula diberikan terapi medikamentosa berupa antibiotik yang berspektrum luas, atau yang sesuai dengan resistensi kuman, selama 10-14 hari. Juga obat-obat simtomatis berupa dekongestan lokal (obat tetes hidung) untuk memperlancar drainase, selama 5-­10 hari, karena bila terlalu lama dapat menyebabkan rinitis medikamentosa. Dapat pula diberikan analgesik, antihistamin,dan mukolitik.

 

Bila perlu dapat dilakukan diatermi. Diatermi dilakukan dengan sinar gelombang pendek sebanyak 5-6 kali pada daerah yang sakit untuk memperbaiki vaskularisasi sinus. Jika belum membaik, dilakukan pencucian sinus. Pada sinusitis maksila, dapat dilakukan tindakan pungsi, irigasi, atau antrostomi, yaitu lubang di meatus inferior yang menghubungkan hidung dengan sinus maksila. Pada sinusitis etmoid, frontal, dan sfenoid yang letak muaranya di bawah, dilakukan tindakan pencucian sinus cara Proetz, yang prinsipnya membuat tekanan negatif dalam rongga hidung dan sinus paranasal.

 

Tindakan intranasal lain yang mungkin perlu dilakukan agar drainase sekret lancar berdasarkan kelainan yang ada pada pasien adalah operasi koreksi septum, pengangkatan polip, dan konkotomi total atau parsial.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 7 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: