Spondilolistesis

  • Sharebar
Definisi
Spondilolistesis adalah pergeseran ke arah depan dari satu korpus vertebra terhadap korpus vertebra di bawahnya. Hal ini paling sering terjadi pada spondilolisis, yaitu suatu kondisi di mana bagian posterior unit vertebra menjadi terpisah, menyebabkan hilangnya kontinuitas antara prosesus artikularis superior dan inferior. Spondilolistesis diduga disebabkan oleh fraktur arkus neural segera setelah lahir, walaupun ini jarang simtomatis sampai dewasa; usia rata-rata pasien yang mencari pengobatan adalah 35 tahun. Lokasi yang paling sering dari keterlibatan adalah vertebra lumbal terakhir (L5), yang mengalami subluksasi terhadap sakrum. Yang lebih jarang, spondilolistesis terjadi akibat penyakit degeneratif tulang belakang, ini biasanya meliputi L5 atau L4

 

Manifestasi Klinis

Gejala paling sering adalah nyeri punggung bawah, biasanya dimulai pada usia yang lebih dini dan perlahan-lahan memburuk, yang diperkuat oleh gerakan ekstensi. Tetapi, nyeri dapat timbul mendadak bila ada cedera. Nyeri tungkai akibat kompresi radiks saraf kurang sering ditemukan. Bila deformitas berat maka kauda ekuina dapat terkena kompresi.

 

Penatalaksanaan

o Terapi konservatif terdiri dari pembatasan aktivitas dan melakukan latihan tleksi. Korset lumbal bermanfaat untuk memberikan stabilitas tulang belakang.

o Pembedahan. Karena pasien tumbuh besar, dan terapi konservatif tidak berhasil menghentikan progresivitas penyakit ini, maka fusi spinal biasanya dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 3 + 15 ?
Please leave these two fields as-is: