Tanatologi

  • Sharebar
Definisi
Tanatologi adalah cabang ilmu kedokteran forensik yang mempelajari kematian dan perubahan yang terjadi setelah kematian serta faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut.

 
Istilah-istilah dalam Tanatologi
o Mati somatis (mati klinis): Terhentinya fungsi susunan saraf pusat, kardiovaskular, dan sistem pernapasan yang menetap.

o Mati suri: Terhentinya ketiga sistem kehidupan tersebut yang ditentukan dengan alat kedokteran sederhana, tetapi dengan alat kedokteran canggih masih berfungsi.

o Mati seluler (mati molekuler): Kematian sel yang terjadi beberapa saat setelah mati somatis.

o Mati serebral: Kerusakan kedua hemisfer otak yang irreversibel, kecuali batang otak dan serebelum, sedangkan kedua sistem kehidupan lainnya masih berfungsi dengan/ tanpa bantuan alat.

o Mati otak (mati batang otak): Kerusakan seluruh isi neuronal intrakranial yang irreversibel, termasuk batang otak dan serebelum.

o Kematian adalah suatu proses yang dapat dikenal secara klinis pada seseorang berupa tanda kematian yaitu perubahan yang terjadi pada tubuh mayat, yang dapat terjadi dini dan lanjut .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 2 ?
Please leave these two fields as-is: