Tinea Kruris

  • Sharebar

Definisi

Tinea kruris (eczema marginatum, dhobie itch, jockey itch, ringworm of the groin) adalah dermatofitosis pada lipat paha, daerah perineum, dan sekitar anus.

 
Etiologi
Penyebab yang sering yaitu T. rubrum, T. mentagrophytes, atau E. fIoccosum.


Manifestasi Klinis
Kelainan ini dapat bersifat akut atau menahun, bahkan seumur hidup. Lesi kulit dapat terbatas pada daerah genito-krural, atau meluas ke sekitar anus, daerah gluteus dan perut bagian bawah, atau bagian tubuh lain.

 

Lesi umumnya bilateral namun tidak selalu simetris. Biasanya disertai rasa gatal dan kadang-kadang rasa panas. Kelainan kulit yang tampak pada sela paha merupakan lesi berbatas tegas. Peradangan pada tepi lebih nyata daripada daerah tengah. Efloresensi bermacam-macam (polimorfi). Pada bentuk kronis, lesi kulit hanya berupa bercak hiperpigmentasi dengan sedikit skuama. Erosi dan keluarnya cairan biasanya akibat garukan.

 
Penatalaksanaan
Prinsip pengobatan pada tinea kruris kurang lebih sama dengan prinsip pengobatan pada tinea korporis.

1. Obat topikal

Merupakan pilihan utama. Seperti pada pengobatan tinea korporis, obat-obat klasik, derivat imidazol, dan derivat alilamin dapat digunakan dengan cara pengobatan dan lama pengobatan yang kurang lebih sama.

2. Obat sistemik

Pengobatan sistemik hanya diberikan atas indikasi tertentu misalnya lesi yang luas atau reclacitrant karena pemakaian obat topikal saja sudah cukup efektif. Obat yang dipakai antara lain griseofulvin, ketokonazol, itrakonazol, flukonazol serta terbinafin.

 
Prognosis
Prognosis bergantung pada etiologi, faktor predisposisi dan status imun pasien.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: