Trombosis Vena

  • Sharebar

Definisi

Penyumbatan sistem pembuluh darah vena biasanya menghasilkan trombosis. Faktor risiko sama dengan pada trombosis sistem pembuluh darah arteri. Trombus merupakan proses kompleks yang mengikutsertakan interaksi dinding pembuluh darah dengan trombosit dan protein antikoagulan. Pasien tanpa penyakit penyerta kadang-kadang dapat pula terkena kelainan ini.

 

Manifestasi Klinis

Termasuk nyeri dan bengkak/benjolan pada paha atau tungkai atau keduanya dengan perabaan lunak pada daerah tersebut. Pada penyakit ini pemeriksaan fisik saja kurang akurat, prosedur diagnostik adalah pemeriksaan venografi, yang dapat menggambarkan adanya filling defect pada vena yang terkena.

 

Penatalaksanaan

Pada trombosis vena superfisial hanya diperlukan istirahat, peninggian letak tungkai, dan pemanasan lokal. Pengobatan yang lebih serius ditujukan pada trombosis vena dalam.

 

Pada trombosis vena dalam diperlukan terapi dengan antikoagulan sistemik seperti heparin dan warfarin.

1. Terapi heparin

o Terapi heparin harus diberikan dengan loading dose dari 10.000 unit diikuti dengan infus continuous yang awalnya berkecepatan 1.000 unit/jam. Dosis ini harus dapat mempertahankan Partial Thromboplastin Time (PTT) antara 1,5 dan 2 kontrol waktu. Manfaat setelah pemberian heparin ini adalah menjaga tingkat kesamaan dari antikoagulan dan memperkecil manifestasi perdarahan. Pada pasien yang tidak dapat menerima terapi warfarin, heparin dapat diberikan 10.000 unit subkutan selama > 12 jam untuk mempertahankan PTT 1,5 kontrol waktu, 6 jam setelah pemberian heparin.

o Komplikasi termasuk perdarahan, osteopenia, reaksi hipersensitivitas, trombositopenia, dan trombosis. Reaksi heparin dapat dinetralisir/dihambat oleh pemberian protamin sulfat iv; 1 mg protamin sulfat akan menetralisir sekitar 100 unit heparin.

 

2. Terapi warfarin

o Warfarin diberikan pada dosis 10 mg/hari sampai waktu protrombin memanjang. Kemudian dosis dapat diturunkan menjadi 5 mg/hari diberikan untuk mempertahankan waktu protrombin pada 1,2-1,5 kontrol waktu untuk trombosis vena. Warfarin biasanya dilanjutkan penggunaannya selama 3 bulan, namun sebaliknya pada kasus yang tanpa komplikasi.

o Monitoring farmakologi obat sangat diperlukan pada pasien yang memakai warfarin, karena banyak obat-obat lain yang dapat mempengaruhi efek warfarin baik, yang menghambat maupun yang memperkuat, seperti antibiotik, barbiturat, salisilat, rifampisin, kontrasepsi oral, dll. Komplikasi berupa perdarahan harus diterapi dengan mengganti faktor antikoagulan dengan fresh frozen plasma. Apabila antikoagulan masih harus digunakan setelah episode perdarahan berhenti, maka vitamin K tidak boleh diberikan karena dapat membuat pasien refrakter terhadap warfarin dalam waktu yang lama.

 

Kontraindikasi penggunaan antikoagulan

Kontraindikasi relatif adalah perdarahan susunan saraf pusat, metastasis tumor, pada pembedahan, hipertensi berat, perikarditis, atau endokarditis, dan perdarahan aktif atau kecenderungan untuk mengalami perdarahan. Kontraindikasi relatif pada penggunaan antikoagulan jangka panjang adalah alkoholisme dan kehamilan trimester pertama karena warfarin bersifat teratogenik.

 

Profilaksis untuk pasien trombosis vena dalam

Trombosis vena dalam mempunyai risiko besar untuk mengalami kekambuhan, terutama dalam situasi predisposisi khusus, seperti pembedahan. Oleh karena itu perlu dilakukan pencegahan, yaitu dengan pemberian heparin dosis mini 2 x 5.000 unit/hari subkutan. Kontraindikasi relatif pada penggunaan dosis mini heparin ini sama dengan pada penggunaan dosis penuh. Heparin dosis mini dapat dilanjutkan sampai pasien dapat rawat jalan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: