Tuberkulosis Anak

  • Sharebar
Definisi
Tuberkulosis (TB) adalah penyakit akibat infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis sistemis sehingga dapat mengenai hampir semua organ tubuh, dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer.

 
Patogenesis
Gambar patogenesis tuberkulosis

 
Tanda dan Gejala
Gejala umum/nonspesifik tuberkulosis anak adalah:

o Berat badan turun tanpa sebab yang jelas atau tidak naik dalam 1 bulan dengan penanganan gizi.

o Anoreksia dengan gagal tumbuh dan berat badan tidak naik secara adekuat (failure to thrive).

o Demam lama dan berulang tanpa sebab yang jelas (bukan tifus, malaria, atau infeksi saluran napas akut), dapat disertai keringat malam.

o Pembesaran kelenjar limfe superfisialis yang tidak sakit dan biasanya multipel.

o Batuk lama lebih dari 30 hari.

o Diare persisten yang tidak sembuh dengan pengobatan diare.

Gejala spesifik sesuai organ yang terkena: TB kulit/skrofuloderma; TB tulang dan sendi (gibbus, pincang); TB otak dan saraf/meningitis dengan gejala iritabel, kuduk kaku, muntah, dan kesadaran menurun; TB mata (konjungtivitis fliktenularis, tuberkel koroid), dll.

 
Pemeriksaan Penunjang
Pembacaan hasil uji tuberkulin dilakukan setelah 48-72 jam, dengan hasil positif bila terdapat indurasi diameter lebih dari 10 mm, meragukan bila 5-9 mm. Uji tuberkulin bisa diulang setelah 1-2 minggu. Pada anak yang telah mendapat BCG, diameter indurasi 15 mm ke atas baru dinyatakan positif, sedangkan pada anak kontak erat dengan penderita TB aktif, diam­eter indurasi = 5 mm harus dinilai positif. Alergi disebabkan oleh keadaan infeksi berat, pemberian imunosupresan, penyakit keganasan (leukemia), dapat pula oleh gizi buruk, morbili, varisela, dan penyakit infeksi lain.

 

Gambaran radiologis yang dicurigai TB adalah pembesaran kelenjar hilus, paratrakeal dan mediastinum, atelektasis, konsolidasi, efusi pleura, kavitas, dan gambaran milier. Bakteriologis, bahan biakan kuman TB diambil dari bilasan lambung, namun memerlukan waktu cukup lama. Saat ini tengah dikembangkan metode baru untuk biakan kuman yaitu Bactec.

 

Serodiagnosis, beberapa di antaranya dengan dengan cara ELISA (enzyme linked immunoabsorbent assay) untuk mendeteksi antibodi atau uji peroxidase-anti peroxidase (PAP) untuk menentukan IgG spesifik.

 

Teknik biomolekular, merupakan pemeriksaan sensitif dengan mendeteksi DNA spesifik yang dilakukan dengan metode PCR (polymerase chain reaction).

 

Uji serodiagnosis maupun biomolekular belum dapat membedakan TB aktif atau tidak.

 
Penatalaksanaan
Regimen dasar pengobatan TB adalah kombinasi INH dan RIF selama 6 bulan dengan PZA pada 2 bulan pertama. Pada TB berat dan ekstrapulmonal biasanya pengobatan dimulai dengan kombinasi 4-5 obat selama 2 bulan (ditambah EMB dan streptomisin), dilanjutkan dengan INH dan RIF selama 4-10 bulan sesuai perkembangan klinis.

 

Pada meningitis TB, perikarditis, TB milier, dan efusi pleura diberikan kortikosteroid, yaitu prednison 1-2 mg/kgBB/hari selama 2 minggu, diturunkan perlahan (tapering off) sampai 2-6 minggu.

 
Kemoprofilaksis
Kemoprofilaksis primer diberikan pada anak yang belum terinfeksi (uji tuberkulin negatif), tetapi kontak dengan penderita TB aktif. Obat yang digunakan adalah INH 5-10 mg/kgBB/ hari selama 2-3 bulan.

 

Kemoprofilaksis sekunder diberikan pada anak dengan uji tuberkulin positif, tanpa gejala klinis, dan foto paru normal, tetapi memiliki faktor risiko menjadi TB aktif. Golongan ini adalah balita, anak yang mendapat pengobatan kortikosteroid atau imunosupresan lain, penderita penyakit keganasan, terinfeksi virus (HIV, morbili), gizi buruk, masa akil balik, atau infeksi baru TB, konversi uji tuberkulin kurang dari 12 bulan. Obat yang digunakan adalah INH 5-10 mg/kgBB/hari selama 6-12 bulan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 5 ?
Please leave these two fields as-is: