Tumor Ganas Laring

  • Sharebar

Tumor Ganas Laring merupakan tumor ganas ketiga menurut jumlah tumor ganas di bidang THT dan lebih banyak terjadi pada pria berusia 50-70 tahun. Yang tersering adalah jenis karsinoma sel skuamosa.

 

Etiologi

Belum diketahui pasti.

 

Faktor Predisposisi

Rokok, alkohol, dan paparan sinar radioaktif.

 

Manifestasi Klinis

Suara parau yang diderita cukup lama, tidak hilang timbul, makin lama makin berat. Kadang terdapat hemoptisis. Sesak napas akibat tertutupnya jalan napas oleh tumor, batuk dengan riak bercampur darah, dan penurunan berat badan.

 

Dari pemeriksaan fisik tidak ada gejala khas pada stadium dini, tetapi penjalaran ke kelenjar limfe leher akan memperlihatkan perubahan kontur leher dan hilangnya krepitasi tulang-tulang rawan laring. Dengan laringoskop langsung atau tak langsung dapat dinilai lokasi tumor, penyebaran, dan dilakukan biopsi.

 

Pemeriksaan Penunjang

Pemeriksaan laboratorium darah rutin dan foto toraks untuk menilai keadaan paru, adanya proses spesifik, dan metastasis. Foto jaringan lunak leher dari lateral dan tomografi komputer untuk menilai keadaan tumor. Pemeriksaan patologi anatomi untuk diagnosis pasti dari biopsi langsung atau biopsi jarum halus kelenjar limfe leher.

 

Penatalaksanaan

Hasil pemeriksaan akan menentukan diagnosis dan stadium tumor berdasarkan Union International Contre le Cancer (LTICC) untuk menentukan tindakan penanggulangan. Sta­dium 1 dikirim untuk radiasi, stadium 2 dan 3 untuk operasi, dan stadium 4 operasi dengan rekonstruksi atau radiasi. Jenis pembedahannya adalah laringektomi totalis atau parsial, disertai diseksi leher radikal bila terdapat penjalaran ke kelenjar limfe leher. Pemakaian sitostatika belum memuaskan karena mahal dan tidak dapat diselesaikan karena keadaan umumnya memburuk.

 

Akibat laringektomi, pasien menjadi afoni dan bernapas melalui stoma permanen di leher. Sehingga perlu dilakukan rehabilitasi umum, melalui sosialisasi dan kemandirian, dan khusus, berupa rehabilitasi suara.

 

Prognosis

Dengan pengelolaan yang tepat, cepat, dan radikal, tumor ini mempunyai prognosis paling baik di antara tumor daerah traktus aerodigestivus.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: