Tumor Ovarium Neoplastik Jinak

  • Sharebar

Kistoma Ovarii Simpleks

Kistoma ovarii simpleks adalah kista yang permukaannya rata dan halus, biasanya bertangkai, seringkali bilateral, dan dapat menjadi besar. Dinding kista tipis berisi cairan jernih yang serosa dan berwarna kuning.

 

Penatalaksanaan dengan pengangkatan kista dengan reaksi ovarium.

 

Kistadenoma Ovarii Musinosum

Asal kista ini belum pasti. Menurut Meyer, kista ini berasal dari teratoma. Pendapat lain mengatakan kista ini berasal dari epitel germinativum atau mempunyai asal yang sama dengan tumor Brenner. Bentuk kista multilokular, biasanya unilateral, dapat tumbuh menjadi sangat besar.

 

Gambaran klinis terdapat perdarahan dalam kista dan perubahan degeneratif sehingga timbul perlekatan kista dengan omentum, usus-usus, dan peritoneum parietale. Selain itu, bisa terjadi ileus karena perlekatan dan produksi musin yang terus bertambah akibat pseudomiksoma peritonei.

 

Penatalaksanaan dengan pengangkatan kista in toto tanpa pungsi terlebih dulu dengan atau tanpa salpingo-ooforektomi tergantung besarnya kista.

 

Kistadenoma Ovarii Serosum

Kista ini berasal dari epitel germinativum. Bentuk kista umumnya unilokular, bila multilokular perlu dicurigai adanya keganasan. Kista ini dapat membesar, tetapi tidak sebesar kista musinosum.

 

Gambaran klinis pada kasus ini tidak klasik. Selain teraba massa intraabdominal, dapat timbul asites.

 

Penatalaksanaan umumnya sama dengan kistadenoma ovarii musinosum.

 

Kista Dermoid

Kista dermoid adalah teratoma kistik jinak dengan struktur ektodermal berdiferensiasi sempurna dan lebih menonjol daripada mesoderm dan entoderm. Dinding kista keabu-abuan dan agak tipis, konsistensi sebagian kistik kenyal dan sebagian lagi padat. Dapat terjadi perubahan ke arah keganasan, seperti karsinoma epidermoid.

 

Kista ini diduga berasal dari sel telur melalui proses partenogenesis.

 

Gambaran klinis adalah nyeri mendadak di perut bagian bawah karena torsi tangkai kista dermoid. Dinding kista dapat ruptur sehingga isi kista keluar di rongga peritoneum.

 

Penatalaksanaan dengan pengangkatan kista dermoid bersama seluruh ovarium.

 

Tumor Sel Transisional (Tumor Brenner)

Tumor sel transisional adalah tumor yang berasal dari epitel selomik duktus Mulleri. Tumor ini terdiri dari sarang yang terbentuk oleh sel-sel epitel, dikelilingi jaringan ikat luas dan padat, berukuran beraneka ragam dan biasanya unilateral.

 

Gambaran klinis tidak ada yang khas. Tumor yang besar memberikan gejala seperti fibroma. Kadang terdapat sindrom Meigs.

 

Penatalaksanaan dengan ooforektomi. Bila ada tanda-tanda keganasan dilakukan salpingo-ooforektomi bilateral dan histerektomi total.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 14 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: