Tumor Wilms

  • Sharebar
Definisi
Tumor Wilms merupakan tumor intrarenal padat yang sering dijumpai pada anak di bawah 10 tahun dan merupakan kira-kira 10% keganasan pada anak, ditemukan sama banyak pada kedua jenis kelamin dan tidak ada predileksi bangsa atau ras.

 

Tumor Wilms mungkin ditemukan pada anak dengan kelainan aniridia (tidak ada iris), agenesis gonad, hipospadia, dan kriptorkismus.

 
Patologi
Tumor Wilms merupakan tumor embrional ginjal yang terdiri dari unsur blastema, epitel, dan stroma. Kadang tidak tampak unsur epitel atau stroma. Pada sediaan makroskopik tampak sebagai tumor besar berwarna abu-abu dengan fokus perdarahan dan nekrosis.

 
Manifestasi Klinis
Pasien datang dengan massa abdomen yang asimtomatik, dapat disertai hematuria mikroskopik. Terkadang, oklusi vena renalis kiri oleh tumor menyebabkan obstruksi yang berlanjut menjadi varikokel kiri. Gejala dini yang dapat muncul adalah malaise, berat badan turun, anemia, atau gangguan miksi. Trauma abdomen ringan dapat menyebabkan ruptur tumor sehingga terjadi abdomen akut. Dapat terjadi hipertensi akibat penekanan vaskular maupun parenkim ginjal.

 
Pemeriksaan Penunjang
Pada foto polos tidak dapat dibedakan dengan neuroblastoma. Pemeriksaan pielografi intravena dapat membedakan tumor Wilms dari neuroblastoma dan ginjal polikistik. Tumor Wilms menyebabkan distorsi intrinsik sistem kaliks, neuroblastoma menyebabkan kompresi eksternal sistem kaliks, sedangkan pada ginjal polikistik tidak terjadi ekskresi pada ginjal.

 

Ultrasonografi dapat membedakan massa padat dan kistik, sedangkan CT scan dilakukan untuk mendeteksi pembesaran kelenjar getah bening. Foto toraks dilakukan untuk mencari metastasis.

 
Diagnosis Banding
Hidronefrosis, kista ginjal, neuroblastoma intrarenal.

 
Penatalaksanaan
Terapi pilihan adalah nefrektomi. Kemoterapi dan radioterapi dilakukan sesuai stadium. Pada tumor bilateral dengan gambaran histopatologi ganas dilakukan nefrektomi bilateral, kemoterapi, dan radioterapi, kemudian dialisis atau transplantasi ginjal.

 
Prognosis
Dengan terapi yang sesuai, prognosis berdasarkan angka harapan hidup 2 tahun pada stadium I sampai IV umumnya baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 2 + 15 ?
Please leave these two fields as-is: