Varisela

  • Sharebar
Definisi
Varisela adalah infeksi akut primer oleh virus varisela-zoster yang menyerang kulit dan mukosa, secara klinis terdapat gejala konstitusi, kelainan kulit polimorfi, terutama berlokasi di bagian sentral tubuh. Disebut juga cacar air, chicken pox. Tersebar kosmopolit, menyerang terutama anak-anak. Transmisi penyakit ini secara aerogen. Masa penularannya lebih kurang 7 hari dihitung dari timbulnya gejala kulit.

 
Etiologi
Virus varisela-zoster. Infeksi primer virus ini menyebabkan penyakit varisela, sedangkan reaktivasi menyebabkan herpes zoster.

 
Manifestasi Klinis
Masa inkubasi berlangsung 14-21 hari. Terdapat gejala prodromal berupa demam tidak terlalu tinggi, malaise, dan nyeri kepala, disusul timbulnya erupsi kulit berupa papul eritematosa yang dalam waktu beberapa jam berubah menjadi vesikel dengan bentuk khas berupa tetesan embun (tear drops). Vesikel akan berubah menjadi pustul kemudian krusta. Sementara proses ini berlangsung, timbul vesikel baru sehingga timbul gambaran polimorfi.

 

Mula-mula timbul di badan, menyebar secara sentrifugal ke wajah dan ekstremitas, serta dapat menyerang selaput lendir mata, mulut, dan saluran napas atas. Pada infeksi sekunder kelenjar getah bening regional membesar. Penyakit ini biasanya disertai rasa gatal.

 

Komplikasi jarang pada anak-anak dan lebih sering pada dewasa, berupa ensefalitis, pneumonia, glomerulonefritis, karditis, hepatitis, keratitis, konjungtivitis, otitis, arteritis, dan kelainan darah (beberapa macam purpura).

 

Infeksi pada trimester pertama kehamilan dapat menimbulkan kelainan kongenital, sedangkan pada beberapa hari menjelang kelahiran dapat menyebabkan varisela kongenital pada neonatus.

 
Pemeriksaan Penunjang
Dapat dilakukan percobaan Tzanck dengan membuat sediaan hapus yang diwarnai dengan Giemsa. Bahan diambil dari kerokan dasar vesikel dan akan didapati sel datia berinti banyak.

 
Diagnosis Banding
Variola

 

Penatalaksanaan

Pengobatan bersifat simtomatik dengan antipiretik dan analgesik. Untuk menghilangkan gatal dapat diberikan sedativa. Diberikan bedak mengandung zat anti gatal (mentol, kamfora) untuk mencegah pecahnya vesikel secara dini dan menghilangkan gatal. Pada infeksi sekunder dapat diberikan antibiotika berupa salep dan oral. Dapat pula diberikan obat-obat anti virus atau imunostimulator. (lihat pengobatan herpes zoster).

 

Prognosis

Prognosis baik dan jaringan parut yang timbul sangat sedikit jika perawatan teliti dan higiene dijaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: